Lembaga Survei Australia: Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies

| 28 Jul 2023 15:22
Lembaga Survei Australia: Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Pemilihan Presiden Indonesia yang akan berlangsung pada tahun 2024 diprediksi akan menjadi pertarungan yang sangat ketat. Hasil survei dari lembaga survei Utting Research yang berbasis di Australia pada periode 12-17 Juni 2023 menunjukkan belum ada kandidat yang dapat dipastikan sebagai pemenang.

Dalam hasil survei tersebut, terdapat tiga Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang saat ini menjadi perbincangan, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Masing-masing kandidat berhasil mencuri perhatian dengan elektabilitas yang hampir seimbang. Menurut survei tersebut, elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 34 persen, diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 33 persen, dan Anies Baswedan dengan 27 persen.

Meskipun selisih angka elektabilitas antara ketiga calon ini cukup tipis, namun hal ini menunjukkan bahwa kompetisi di antara mereka sangat ketat, dan situasinya dapat berubah menjelang hari pemilu presiden.

"Pilpres 2024 Indonesia sangat menarik. Hingga delapan bulan menjelang hari-H, pemenangnya masih sangat tidak jelas. Tiga kontestan terkuat masih sangat berimbang elektabilitasnya," ujar Managing Director Utting Research, John Utting dalam keterangannya, Kamis (27/7/2023)

Terkait pertanyaan tentang visi dan misi calon presiden yang diinginkan oleh publik, mayoritas responden dalam survei ini menyatakan ingin melihat keberlanjutan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan adanya sejumlah perbaikan.

Sebanyak 61 persen responden menginginkan visi dan misi calon presiden yang melanjutkan sebagian dari kebijakan pemerintahan Jokowi dan memperbaiki sebagian lainnya..

Di sisi lain, sekitar 20 persen responden berpendapat bahwa pemerintahan baru sebaiknya mengusung kebijakan baru dan berbeda dari pemerintahan sebelumnya.

"Sementara 18 persen lainnya mengatakan sebaiknya melanjutkan kebijakan pemerintahan Jokowi saat ini," ujarnya.

Survei Utting Research dilakukan secara tatap muka pada 12-17 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

Metode multi-stage random sampling digunakan dalam survei ini, dengan margin of error sebesar +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rekomendasi