Soal Peluang Kerja Sama Politik Dengan Golkar, PDIP: Tak Lama Lagi Akan Disepakati

| 28 Jul 2023 19:27
Soal Peluang Kerja Sama Politik Dengan Golkar, PDIP: Tak Lama Lagi Akan Disepakati
Airlangga Hartarto saat beri bunga ke Puan Maharani (Gabriella Thesa Widiari/Era)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan, dalam waktu dekat bakal ada deklarasi kerja sama politik antara partainya dengan Partai Golkar.

Hal tersebut merupakan hasil dari pertemuan antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

"Insyaallah kerja sama kedua partai tidak lama lagi segera disepakati pimpinan kami masing-masing, dan finalnya sebagaimana kawan-kawan parpol yang sudah bekerja sama dengan PDIP, maka DPP Golkar dan PDI Perjuangan akan deklarasi bersama," kata Said kepada wartawan, Jumat (28/7/2023).

Dia mengatakan, keseriusan membuka peluang kerja sama politik itu ditandai dengan pembentukan tim teknis dari masing-masing partai.

Tim teknis dari Partai Golkar berisikan Melchias Markus Mekeng, Lodewijk F Paulus, dan Ace Hasan. Sementara tim teknis dari PDIP yaitu Olly Dondokambey, Bambang Wuryanto, dan Said Abdullah.

"Tim teknis inilah yang akan merumuskan peta jalan kerjasama kedua partai lebih kongkrit," kata Said.

Nantinya, hasil rumusan dan kesepakatan tim teknis akan diserahkan kepada pimpinan kedua partai untuk dimintakan persetujuan. Hal itu akan menjadi dasar pijakan dan perikatan kerjasama antara PDI Perjuangan dan Partai Golkar.

"Tim teknis akan segera menyelesaikan tugasnya," kata Said.

PDIP, kata Said, melihat Partai Golkar memiliki kesepemahanan menjalin kerja sama dan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres).

"Kami menangkap Partai Golkar memiliki kesepahaman yang sama dengan partai partai yang terlebih dahulu membangun kerjasama politik dengan PDI Perjuangan dalam mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres pada pemilu 2024," kata Ketua Banggar DPR RI itu.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato membentuk tim teknis usai bertemu dengan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. Tim teknis itu bertujuan sebagai jembatan komunikasi menuju kerja sama politik antar kedua partai tersebut.

Dia mengatakan, Partai Golkar dan PDIP sudah sering bekerja sama baik di pemerintahan maupun di parlemen. Kedepannya, masih banyak hal yang perlu dibahas.

"Oleh karena itu, banyak hal yang perlu dibahas, dan tentunya tadi disepakati bahwa hal yang sifatnya teknis itu perlu dibangun. Dari Partai Golkar sudah membentuk tim teknis," kata Airlangga di kediamannya usai bertemu Puan di Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/7).

Sementara Puan menambahkan, kesepatan membentuk tim teknis itu ditandai dengan seikat bunga berwarna merah kuning yang diberikan Airlangga kepada dirinya.

"Untuk tim teknis, jadi kebersamaan antara Golkar dan PDIP, Insyaallah, dimulai dari hari ini sudah mulai terjalin kebersamaan, ditandai bunga merah dan kuning tadi," kata Puan.

Menurutnya, bunga tersebut juga merupakan tanda cinta sekaligus bukti bahwa Partai Golkar dan PDIP punya hati yang sama.

Lewat tim teknis yang dibentuk kedua partai politik itu, Puan berharap akan ada titik temu untuk menjalin kerja sama politik ke depannya.

"Insyaallah, nanti kita bisa bersama-sama," kata Puan.

Rekomendasi