Panji Gumilang Bantah Ada Hotel Bintang Tiga di Al Zaytun: Itu Wisma Al Ishlah untuk Tamu dan Wali Santri

| 28 Jul 2023 22:35
Panji Gumilang Bantah Ada Hotel Bintang Tiga di Al Zaytun: Itu Wisma Al Ishlah untuk Tamu dan Wali Santri
Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang saat ditemui di lahan sawah milik Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat, Jumat (28/7/2023). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

ERA.id - Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang membantah tuduhan adanya hotel bintang tiga di kawasan pesantren tersebut, Indramayu, Jawa Barat.

Panji Gumilang menyebutkan hotel yang dimaksud bukan merupakan hotel, melainkan wisma untuk menginap para tamu dan wali santri yang berkunjung.

"Wisma Al Ishlah itu, orang pada gak ngerti, orang itu tempat tamu aja kok," kata Panji Gumilang di Indramayu, Jawa Barat dikutip dari Antara, Jumat (28/7/2023).

Menurutnya, Wisma Al Ishlah tidak dapat disamakan dengan hotel karena berada di dalam ruang lingkup pesantren.

Dia menyebutkan adanya penginapan tamu yang bernama Wisma Al Ishlah tersebut merupakan sistem modern agar tamu dan para wali santri yang berkunjung tidak bercampur dengan para santri.

"Maka harus modern, hidup itu harus modern, kalau tidak bagaimana bisa bersatu," ujar Panji Gumilang.

Sebelumnya terdapat sejumlah tudingan yang menyatakan Pesantren Al Zaytun memiliki hotel bintang tiga di dalam kawasan pesantren tersebut yang ramai diberitakan.

Menanggapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu segera menurunkan tim untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Rekomendasi