Dari Sandiaga hingga Ridwan Kamil, PDIP Tampung Usulan Bacawapres

| 29 Jul 2023 17:00
Dari Sandiaga hingga Ridwan Kamil, PDIP Tampung Usulan Bacawapres
Sandiaga Uno dan Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - PDI Perjuangan bakal menampung usulan nama-nama bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, saat ini ada dua nama yang sudah resmi diusulkan yaitu Sandiaga Uno dari PPP dan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi dari Partai Perindo.

"Setiap partai politik yang bergabung mendukung Pak Ganjar itu juga memberikan preferensi terhadap calon-calon tertentu, misalnya dari PPP mengusung Pak Sandiaga Uno, kemudian dari Perindo itu ada Tuan Guru Bajang," kata Hasto di Jakarta, dikutip Sabtu (29/7/2023).

Selain itu, PDIP juga mempertimbangkan nama-nama yang masuk lembaga survei. Sejumlah nama itu sebelumnya pernah disebutkan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani diantaranya yaitu Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, Muhaimin Iskandar dan Andika Perkasa.

PDIP juga terbuka dengan usulan Partai Golkar yang kini tengah membangun kerjasama. Golkar terbuka untuk mengusulkan nama Ridwan Kamil.

Hasto mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan berdialog dengan para ketua umum partai yang mengusung Ganjar. Presiden Joko Widodo akan dilibatkan dalam proses memilih pendamping Ganjar.

"Kita tunggu momentum ketika ibu Megawati Soekarnoputri berdialog dengan para ketua umum yang mengusung pak Ganjar sebagai calon presiden dan kemudian berdialog dengan presiden Jokowi sehingga nantinya akan diputuskan calon yang terbaik," ujarnya.

Megawati akan mengumumkan nama calon wakil presiden yang mendampingi Ganjar pada momentum yang tepat.

"Tinggal sekarang dengan momentum yang tepat, mari doakan bersama-sama, Ibu Megawati akan menentukan siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo untuk mencari cawapres yang tepat," ujar Hasto.

Rekomendasi