Resmikan Sodetan Ciliwung, Jokowi: Sudah 11 Tahun, Alhamdulillah Selesai

| 31 Jul 2023 12:00
Resmikan Sodetan Ciliwung, Jokowi: Sudah 11 Tahun, Alhamdulillah Selesai
Presiden Jokowi saat meresmikan sodetan Ciliwung. (Antara).

ERA.id - Presiden Joko Widodo meresmikan proyek Sodetan Ciliwung. Dia menyinggung, proyek tersebut dikerjakan cukup lama namun akhirnya rampung.

"Urusan sodetan Ciliwung, ini sudah bertahun-tahun. Sudah hampir 11 tahun, dan hari ini Alhamdulillah selesai," kata Jokowi saat meresmikan di Jakarta Timur, Senin (31/7/2023).

Dia berharap, selesainya proyek sodetan Ciliwunng ini dapat mengurangi masalah banjar di Jakarta. Menurutnya, dipastikan ada enam kelurhan yang bebas banjir karena rampungnya proyek tersebut.

"Dengan selesainya sodetan Ciliwung, kita harapkan mengurangi banjir di Jakarta, utamanya yang tadi saya sebutkan di enam kelurahan," kata Jokowi.

Lebi lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan, penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan dari hulu hingga hilir.

Oleh karena itu, selesainya proyek sodetan Ciliwung saja belum cukup untuk menangani banjir, termasuk isu banjir rob.

"Dengan selesainya sodetan Ciliwung ini, juga menyelesaikan banjir Jakarta baik tadi yang Bandungan Ciawi-Sukamahi, Sodetan Ciliwung, normalisasi Ciliwung, Banjir kanal Timur itu bisa menyelesaikan baru kira-kira 62 persen dari persolan bajir yang ada di Jakarta," kata Jokowi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata Jokowi, masih memiliki tugas sekitar 30 persen lagi untuk benar-benar mengatasi masalah banjir.

Karena itu, Jokowi meminta Pemprov DKI Jakarta setelah ini tetap bekerja sama dengan Kementerian PUPR untuk menggarap proyek-proyek mengatasi banjir Jakarta.

"Artinya masih ada PR 30 persen. Ini yang harus dikerjakan bersama-sama Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta. Bersama-sama. Ini persoalan yang sangat kompleks dan tidak mudah," pungkasnya. 

Tags :
Rekomendasi