Markas KKB Papua di Yahukimo Digerebek, 2 Orang Tewas dan 1 Brimob Luka

| 01 Aug 2023 20:13
Markas KKB Papua di Yahukimo Digerebek, 2 Orang Tewas dan 1 Brimob Luka
Tempat yang diduga jadi Markas KKB (Dok Istimewa)

ERA.id - Polisi menggerebek markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua wilayah Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, pada Senin (31/07).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menerangkan penggerebekan ini dilakukan usai KKB Papua melakukan penembakan ke Pos Brimob Polda Papua yang sedang melakukan perbantuan BKO Polres Yahukimo di Jalan Paradiso, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Awalnya, petugas melakukan penyisiran usai kejadian penembakan itu. Personel pun mengamankan AS, seseorang yang diduga KKB wilayah Yahukimo.

Penelusuran pun kembali dilakukan dan aparat mendapat info jika ada dua pelaku penyerangan Pos Brimob Polda Papua BKO Polres Yahukimo dan letak markas KKB.

Penyergapan pun dilakukan ke markas KKB itu dan tak lama kemudian, terjadi kontak tembak.

"Kontak senjata berhasil melumpuhkan dua orang KKB. Setelah dilakukan olah TKP selanjutnya jenazah dibawa ke RSUD Dekai untuk divisum dan diidentifikasi untuk mengetahui identitas kedua orang KKB pelaku penyerangan Pos Brimob tersebut" kata Benny kepada wartawan, Selasa (1/8/2023).

Akibat kontak tembak itu, satu personel Satgas Aman Nusa Bharatu Jogianus Riko mengalami luka tembak di bagian paha sebelah kiri. Dia saat ini dirawat di RSUD Dekai.

"Personel gabungan mengamankan beberapa barang bukti di TKP antara lain enam pucuk senjata api rakitan beserta amunisi, 60 anak panah, enam parang dan satu buah kapak," ujarnya.

Benny pun menerangkan Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz saat ini melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap jaringan KKB wilayah Yahukimo.

Rekomendasi