PSI Dukung Pencapresan Ganjar Tapi Tak Direspon PDIP

| 03 Aug 2023 15:46
PSI Dukung Pencapresan Ganjar Tapi Tak Direspon PDIP
DPP PSI Jakarta. (Antara)

ERA.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sejak Oktober 2022 memberi sinyal mendukung pencapresan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Nama Ganjar muncul dari hasil rembuk rakyat.

Namun, sinyal dukungan itu kurang mendapat respons, baik dari PDI Perjuangan maupun Ganjar.

"Yang diusulkan baik secara personal maupun secara partai, kurang respons atau gimana ya dalam perjalanannya," kata Ketua Dewan Pertimbangan PSI Badaruddin Andi Picunang kepada wartawan, Kamis (3/8/2023).

Dia menduga, yang menjadi hambatan justru dari PDIP. Sedangan Ganjar diyakini tak masalah dengan dukungan tersebut.

"Ya Pak Ganjar kan pasti karena petugas partai, pasti menunggu sinyal

Ya Pak Ganjar kan pasti karena petugas partai, pasti menunggu sinyal atau penugasan dari partainya. Jadi, mungkin partainya lah. Kalau Pak Ganjar mungkin secara pribadi sih oke-oke saja," ucap Andi.

Namun, PSI memahami sikap tersebut, mengingat Ganjar merupakan petugas partai dari PDIP.

PSI, kata Andi, juga tak merasa tak diterima PDIP. Menurutnya, hal ini hanya masalah komunikasi saja.

"Ah enggak juga (merasa tak diterima PDIP). Ini kan masalah komunikasi politik saja," katanya.

PSI juga cukup sadar diri. Sebagai partai politik pendatang baru dan belum lolos ke Senayan, tentunya kurang diperhitungkan, khususnya PDIP.

"Partai sekelas PSI mungkin kurang diperhitungkan lah di mata teman-teman yang di Senayan, khususnya PDIP, enggak," kata Andi.

"Mungkin juga sudah dianggap anak sendiri atau bagaimana, nanti di belakangan lah. Sama dengan biasa sehari-hari, kita mengutamakan orang luar, sementara orang dalam kurang perhatian. Mungkin seperti itu," imbuhnya.

Oleh karena itu, PSI tak terlalu terobsesi maupun berambisi mendukung Ganjar sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Diketahui, Prabowo Subianto dan jajaran Partai Gerindra menyambangi Kantor DPP PSI di Tanah Abang, Jakarta pada Rabu (2/8) sore. Pertemuan berlangsung tertutup selama kurang lebih satu jam.

Prabowo mengaku pertemuan dengan PSI berlangsung dengan sangat mesra. Sedangkan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menyinggung arah dukungan Presiden Jokowi semakin jelas. 

Rekomendasi