Sebut Prabowo Punya Cara Baru Bermanuver Politik Jelang 2024, PDIP: Lebih Humanis Tidak Mudah Marah

| 04 Aug 2023 15:30
Sebut Prabowo Punya Cara Baru Bermanuver Politik Jelang 2024, PDIP: Lebih Humanis Tidak Mudah Marah
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDI Perjuangan Utut Adianto. (Gabriella/ERA).

ERA.id - Wakil Sekretaris Jenderal (WAsekjen) PDI Perjuangan Utut Adianto mengatakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto punya cara baru dalam bermanuver politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurutnya, Prabowo menampilkan persona yang lebih humanis dan santai, dibanding saat mengikuti kontestasi Pemilu 2014 dan 2019.

"Sekarang Pak Prabowo kan tampak berbeda dengan Pak Prabowo yang dahulu. (Sekarang) Pak Prabowo yang humanis, yang tidak mudah marah, mendekati semua titik. Kan itu perubahan besar dari beliau," kata Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Sedangkan PDIP, kata Utut, tak mengenal istilah manuver. Melainkan kerja sama politik. Sejauh ini, partainya baru menjalin kerja sama dengan PPP, Partai Hanura dan Perindo.

Keempat partai politik itu sepakat mengusung dan mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kami enggak bilang manuver kalau ibu (Megawati) ngajarinnya kerja sama politik. Kalau kerja sama itu basisnya adalah sama-sama saling memajukan. Satu kurang apa ditutup oleh apa, satu kurang apa ditutup oleh apa," paparnya.

Terkait dengan pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum PKB Muahimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, boleh saja dianggap sebagai manuver.

Namun Utut menegaskan pertemuan itu merupakan penjajakan kerja sama politik.

"Mbak Puan kemarin ketemu Cak Imin dan juga Pak Airlangga, kalau mau dibilang manuver ya boleh," kata Utut. 

Rekomendasi