Sirkuit Baru Ujian Praktik SIM C Mulai Diterapkan Senin Pekan Depan

| 04 Aug 2023 19:15
Sirkuit Baru Ujian Praktik SIM C Mulai Diterapkan Senin Pekan Depan
Sirkuit baru ujian praktik SIM C. (Sachril/ERA).

ERA.id - Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menerangkan lintasan sirkuit untuk ujian praktik pembuatan SIM C bakal diterapkan di seluruh Indonesia mulai pekan depan, yakni per Senin (7/8/2023).

Dengan demikian, ujian praktik dengan melewati angka 8 dan zig-zag tak ada lagi 

"Sore ini saya sengaja datang ke (Satpas) Daan Mogot yang nanti hari Senin kita harapkan, dua hari ini masing-masing jajaran sampai ke tingkat Polres bisa menerapkan ujian (lintasan sirkuit baru) seperti yang kita lihat pada hari ini," kata Firman Santyabudi di Kantor Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (4/8/2023).

Kebijakan ini diubah karena ada masyarakat yang menganggap ujian praktik pembuatan SIM sulit. Jenderal bintang dua Polri ini memastikan, meski ujian praktik SIM C dipermudah namun tetap tak mengenyampingkan keselamatan dalam berkendara.

Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus menambahkan pihaknya sudah melakukan proses uji coba sirkuit baru ini di beberapa Satpas SIM. Pada Senin mendatang, kebijakan itu akan mulai diterapkan di ratusan Satpas SIM di seluruh Indonesia.

"Hari ini saya uji coba beberapa Kota dan hari Senin sudah mulai diberlakukan serempak 468 Satpas," kata Yusri.

Berikut ini detail perubahan sirkuit tersebut:

1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi Zigzag test atau slalom test.

2. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S.

3. Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Rekomendasi