Sebut IKN Proyek Terbesar di Dunia, Jokowi Ajak Pengusaha Beli Lahan 34 Ribu Hektare di IKN

| 09 Aug 2023 14:54
Sebut IKN Proyek Terbesar di Dunia, Jokowi Ajak Pengusaha Beli Lahan 34 Ribu Hektare di IKN
Presiden Jokowi. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo pamer bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan proyek terbesar di dunia.

Hal itu disampaikan saat menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Real Estate Indonesia (REI) 2023 di Hotel Sheraton, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023).

"Di dunia sekarang ini, proyek terbesar yang ada itu hanya satu di Indonesia, yang namanya Ibu Kota Negara Nusantara," kata Jokowi.

Menurutnya, IKN merupakan proyek yang bisa membantu pertumbuhan ekonomi. Karena banyak membuka investasi.

"Kalau hanya tergantung pada APBN, negara-negara itu enggak akan mungkin bisa tumbuh. Sebuah negara investasi menjadi kunci, kita juga berani membuka sentra ekonomi baru yaitu IKN," kata Jokowi.

Dia menambahkan, per 27 Juni 2023, lahan seluas 34 ribu hektare sudah bisa dibeli. Menurutnya, hal itu merupakan kesempatan bagi para pengusaha yang tergabung dalam REI.

"Per 27 Juni yang lalu 34 ribu hektare lahan sudah bisa dibeli. Dibeli, nggak ada gratis-gratisan. Harganya berapa, tanya Bapak Otorita IKN. Ini peluang. Ini peluang," katanya.

Lebih lanjut, mantan gubernur DKI Jakarta itu mengajak REI untuk terus memperkuat kolaborasi dengan pemerintah.

Dia juga meminta REI menyiapkan langkah-langkah untuk membangun kota-kota di Indonesia yang berbeda-beda satu dengan lainnya.

"Negara kita ini kan semua hampir semua kota itu kan sama, enggak ada diferensasinya. Kenapa tidak ini ada kota jagung, kota ikan, kota mebel, kota golf seperti yang ada di Amerika itu ada," kata Jokowi.

"Jadi tematik, enggak semua kota sama. Saya kira REI mungkin bisa merumuskan langkah-langkah menuju ke sana," pungkasnya. 

Rekomendasi