Mahfud Singgung IKN ke Gibran: Belum ada Investor Masuk ke Sana, Coba Sebutkan

| 22 Dec 2023 20:34
Mahfud Singgung IKN ke Gibran: Belum ada Investor Masuk ke Sana, Coba Sebutkan
Mahfud MD

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD tergelitik dengan jawaban Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka tekait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diklaim mengundang banyak investor.

Menurutnya, sejauh ini belum ada investor yang menanamkan investasi di IKN. Dia lantas menantang Gibran untuk menyebutkan investor mana yang sudah menaruh modalnya untuk IKN.

"Tapi tadi saya tergelitik, anggaran untuk IKN itu hanya 20 persen dari APBN, dan sisanya dari investor," kata Mahfud dalam Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

"Sejauh yang kita baca, sampai sekarang belum ada satupun investor yang masuk ke sana. Coba kalau ada sebutkan, misalnya dua atau satu, investor mana yang  sudah masuk ke sana," imbuhnya.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu justru mendengar bahwa ratusan ribu hektare di IKN malah dikuasai oleh pengusaha-pengusaha tertentu.

Meski begitu, dia menilai bahwa IKN merupakan salah satu proyek warisan Presiden Jokowi yang harus dilanjutkan. Namun harus disesuaikan dengan kebutuhan semula yaitu mengundang investor untuk proses pembangunannya.

"Saya setuju kedepannya itu agar ngundang investor, IKN harus diteruskan tetapi pendanaannya harus disesuaikan dengan tujuan semula bahwa itu sebenarnya mengundang investor tapi sekarang ini yang sudah jadi itu semuanya dari APBN, sehingga memang diperlukan langkah-langkah perbaikan agar warisan bapak Jokowi ini bisa kita lanjutkan," ucapnya.

Rekomendasi