Puan Ajak AHY Ketemuan Lagi, NasDem dan PKS Yakin Demokrat Tak Tergoda ke PDIP

| 11 Aug 2023 13:05
Puan Ajak AHY Ketemuan Lagi, NasDem dan PKS Yakin Demokrat Tak Tergoda ke PDIP
AHY dan Puan Maharani (Gabriella Thesa Widiari/Era)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani berencana menjadwalkan pertemuan kembali dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Rencana pertemuan Puan dan AHY mendapat apresiasi dari Sekretaris Jendral Partai NasDem Hermawi Taslim. Dia justru mendukung silaturahmi itu terwujud.

"Harus, silaturahmi itu harus terus dibangun, jadi enggak apa-apa, itu malah keharusan. Kita boleh berbeda-beda, tetapi silaturahmi sebagai anak bangsa itu kan suatu keharusan," kata Hermawi di Jakarta, dikutip Jumat (11/8/2023).

Partai NasDem tak merasa rencana pertemuan Puan dan AHY sebagai suatu ancaman. Dia meyakini Partai Demokrat masih tetap bersama Koalisi Perubahan.

Hermawi mengatakan, hubungan partai politik Koalisi Perubahan saling terbuka dan percaya satu sama lain. Pertemuan dengan siapapun akan diketahui satu sama lain.

"Ooh tidak. Sama sekali tidak (menganggap remcana pertemuan Puan-AHY sebagai ancaman)," kata Hermawi.

Terpisah, Presiden PKS Ahmad Syaikhu juga meyakini AHY tidak semudah itu tergoda dan menarik dukungannya dari Koalisi Perubahan. Dia meyakini, Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS bakal tetap bersama-sama hingga Pemilu 2024.

"Kepribadiaan AHY sendiri saya yakin, Insyaallah, tiga (partai) Koalisi Perubahan akan tetap siap bersama-sama," katanya.

Dia justru mengapresiasi sikap AHY yang terbuka melakukan pertemuan dengan Puan. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu tak hanya bermain dengan partai di Koalisi Perubahan saya.

"Saya kira, sebagai seorang negarawan, ini sudah membiasakan diri untuk bisa berkomunikasi dengan lintas politik, tidak hanya terkungkung dengan partai-partai yang mungkin dianggapnya sekarang koalisi," kata Syaikhu.

"Karena sekarang membangun kehidupan berbangsa ini perlu kedewasaan dan keleluasaan cakupan, sehingga siapapun Insyaallah bersama kita bersama-sama untuk membangun negeri," imbuhnya,

Sebelumnya, Puan Maharani mengatakan, pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono kali ini tak membicarakan isu politik, termasuk soal koalisi Pemilu 2024.

Dia mengatakan, pertemuan ini dalam rangka menghadiri peluncuran buku bertajuk 'Tetralogi Transformasi AHY' sekaligus merayakan ulang tahun AHY ke-45.

"Ya enggak ada lah (obrolan politik), (AHY) lagi ulang tahun. Bagaimana kemudian kita bersama-sama ikut merayakan hari ulang tahun Mas AHY dengan sama-sama bergembira," kata Puan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (10/8).

Meski begitu, Puan membenarkan akan merencanakan pertemuan dengan AHY. Namun dia tak merinci kapan pertemuan selanjutnya digelar.

"Bisa aja dalam waktu dekat kita cari kesempatan apakah itu informal, atau formal, saya selalu melakukan silaturahmi," kata Puan.

Rekomendasi