Kabar Airlangga Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Golkar: Masih Tunggu Petunjuk Semesta

| 11 Aug 2023 18:14
Kabar Airlangga Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Golkar: Masih Tunggu Petunjuk Semesta
Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto (Antara)

ERA.id - Partai Golkar dikabarkan bakal merapat ke Partai Gerindra dan ikut mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng mengaku, belum ada pernyataan resmi dari Ketua Umumnya Airlangga Hartarto terkait kabar itu.

"Belum ada statement resmikan dari Pak Airlangga sebagai pemegang mandat dari munas, rapimnas, dan rakernas," kata Mekeng saat dihubungi, Jumat (11/8/2023).

Menurutnya, masih ada waktu untuk berproses sebelum menentukan arah dukungan politik dari Partai Golkar pada pesta demokrasi mendatang.

"Semua masih berproses dan masih ada waktu yang cukup untuk menentukan pilihannya ya," kata Mekeng.

Disinggung apakah Golkar masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo sebelum menetapkan arah dukungan politiknya terhadap salah satu bacapres tertentu, Mekeng hanya menyebut pihaknya sedang menunggu petunjuk dari alam semesta.

Sikap politik Partai Golkar, katanya, akan disampaikan pada waktu yang tepat.

"Masih menunggu waktu yang tepat dan petunjuk alam semesta," ujar Mekeng.

Terkait dengan kabar pertemuan Airlangga dengan Prabowo beberapa waktu lalu, Mekeng mengaku tak mengetahuinya.

"Saya tahunya dari media juga," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Demokrat Hashim Djojohadikusumo menyebut, sejumlah partai politik baik yang ada di parlemen maupun di luar parlemen bakal ikut mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengklaim, ada dua partai politik parlemen yang dipastikan bakal merapat ke Prabowo, yaitu Partai Golkar dan PAN.

"Saat ini yang sudah cenderung sangat cenderung dukung Prabowo adalah pan. Dan, yang saya tahu karena saya juga hadir, dari Golkar," kata Hashim secara daring.

Dia mengungkapkan, Prabowo sempat menerima kunjuangan dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada pekan lalu. Saat itu, Airlangga ditemani Sekretaris Jenderal Lodewijk Freidrich Paulus, dan Bendahara Umum Dito Ganinduto.

Menurutnya yang juga ikut dalam pertemuan tersebut, Airlangga dan elite Golkar menunjukan senyum sumringah usai berbincang dengan Prabowo.

"Semua senyum-senyum. Pak Prabowo, Pak Muzani senyum-senyum. Pak Airlangga, Pak Lodewijk dan Pak Dito juga senyum. Ternyata, mereka menyatakan mau dukung Pak Prabowo," kata Hashim.

Rekomendasi