Tekan Polusi, Heru Minta PNS DKI WFH dan Wajibkan Mobil 2.400 cc Pakai Pertamax Turbo

| 14 Aug 2023 14:26
Tekan Polusi, Heru Minta PNS DKI WFH dan Wajibkan Mobil 2.400 cc Pakai Pertamax Turbo
Konferensi pers Pj Gubernur DKI usai rapat terbatas di Kantor Presiden (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mewacanakan kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home bagi pegawainya untuk mengatasi permasalahan polusi.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur DKI Heru Budi usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo Terkait peningkatan kualitas udara kawasan Jabodetabek yang digelar di Istana pada Senin (14/8/2023).

Heru Budi mengatakan kebijakan WFH tersebut juga untuk mengurangi transportasi yang digunakan oleh PNS DKI Jakarta.

Dia juga berharap kebijakan tersebut akan diikuti oleh kementerian lain di wilayah Jakarta.

"WFH 50-50 persen atau 40-60 persen. untuk mengurangi kegiatan sehari-hari di Pemda DKI, dan ktadi kami minta juga kementerian lain bisa melakukan WFH," jelas Heru Budi di Kantor Presiden.

Selain itu juga Heru Budi mengusulkan agar kendaraan 2.400 cc untuk disiplin menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo.

Seperti diketahui, Situasi udara yang tercemar telah mencapai tingkat yang sangat mengkhawatirkan di Jakarta, bahkan termasuk dalam salah satu kondisi paling buruk di dunia.

Data menunjukkan, peta kualitas udara di Jakarta (OQAir) secara live kerap menunjukkan rata-rata kondisi di Jakarta adalah pada status tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Adapun, jumlah kendaraan bermotor khusus di DKI Jakarta mencapai sekitar 21,8 juta unit pada akhir 2022. Data tersebut tercatat dalam laporan Statistik Indonesia 2023 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurut laporan tersebut, selama periode 2020-2022 jumlah mobil penumpang di Jakarta sudah bertambah sekitar 1,6 juta ​unit.

Rekomendasi