Terentang, Kalimantan Barat Jadi Kota Paling Berpolusi di RI, DKI Jakarta Duduki Peringkat ke Empat

| 15 Aug 2023 15:00
Terentang, Kalimantan Barat Jadi Kota Paling Berpolusi di RI, DKI Jakarta Duduki Peringkat ke Empat
Ilustrasi polusi udara Jakarta (Antara)

ERA.id - IQAir mencatat sejumlah kota di Indonesia yang paling berpolusi secara realtime. Saat ini  peringkat pertama diduduki Kota Terentang, Kalimantan Barat dengan indeks kualitas udara (AQI) 176. Kota lainnya disusul Tangerang Selatan, Banten dengan AQI 161; Serang, Banten dengan AQI 159; Jakarta AQI 153; dan Tangerang, Banten AQI 153.

Kelima kota selanjutnya yang juga terdeteksi memiliki polusi tidak sehat bagi kelompok berbahaya diantaranya Bandung AQI 135, Semarang AQI 112, Pontianak AQI 104, Mempawah AQI 95, dan Palembang AQI 94.

Adapun peringkat kota paling berpolusi diduduki Dhaka, Banglades; Accra, Ghana; Kuching, Malaysia; Doha, Qatar; dan Baghdad, Iraq. Jakarta menempati urutan ke enam kota paling berpolusi.

Sementara itu, kembali ke Indonesia, lima kota yang paling bersih di Indonesia diantaranya Matur, Sumatera Barat; Indrapuri, Aceh; Pangkalan Bun, Kalimantan; Batulicin, Kalimantan Selatan; dan Buleleng, Bali.

Lebih lanjut peringkat negara dengan kualitas udara terburuk ada di Chad, Iraq, Pakistan, Bahrain, Bangladesh. Adapun Indonesia menempati peringkat ke 26 dari 131 negara dengan kualitas terburuk.

Rekomendasi