SBY Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR, Lebih Pilih Urus Persiapan Museum Galeri SBY*Ani

| 16 Aug 2023 11:04
SBY Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR, Lebih Pilih Urus Persiapan Museum Galeri SBY*Ani
Museum dan Galeri SBY*ANI di Pacitan, Jawa Timur (ANTARA/HO - Museum dan Galeri SBY*ANI)

ERA.id - Koordinator Jubir DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono tidak menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 karena berada di Pacitan, Jawa Timur, mengurus persiapan Museum dan Galeri SBY*Ani.

"Persiapan pembukaan Museum SBY*Ani di Pacitan. Sudah sejak seminggu lalu beliau berada di sini karena mempersiapkan di sini," kata Herzaky saat dihubungi di Jakarta dikutip dari Antara, Rabu (16/8/2023).

Herzaky mengatakan SBY berada di Pacitan bersama dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sehingga keduanya tidak dapat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta,

"Iya, di Pacitan, sudah di Pacitan karena kan kami untuk mempersiapkan. Beliau kan tuan rumah, mesti mempersiapkan diri untuk menyambut tamu juga," tambahnya.

Herzaky menyebut bahwa AHY ikut mengurus persiapan Museum dan Galeri SBY-ANI yang dijadwalkan akan diresmikan bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023.

"Persiapan museum. Ini kan museum pertama di Asia. Museum kepresidenan pertama di Asia," imbuhnya.

Selain legislator kader Partai Demokrat, Herzaky menuturkan bahwa salah satu petinggi DPP Partai Demokrat yang ikut menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 ialah Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Syarief Hasan dan Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan.

"Iya, benar, Pak Syarief Hasan," ujarnya.

Pada Rabu, sejumlah petinggi partai politik hadir dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2023, antara lain Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Kemudian, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, serta Plt. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan Sidang Tahunan MPR Tahun 2023 diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan sidang bersama DPR dan DPD, dengan dihadiri 1.549 undangan.

Undangan itu meliputi presiden dan wakil presiden, mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan ketua MPR/DPR dan DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR yang terdiri atas DPR dan DPD, menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri, ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan DPR, raja-raja nusantara, ketua ormas keagamaan, serta perwakilan teladan dari seluruh nusantara.

Rekomendasi