Gibran Tak Diundang Konsolidasi Kepala Daerah PDIP, Apa Saja yang Dibahas Saat Konsolidasi?

| 16 Aug 2023 20:12
Gibran Tak Diundang Konsolidasi Kepala Daerah PDIP, Apa Saja yang Dibahas Saat Konsolidasi?
Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah Bambang Wuryanto mengundang konsolidasi kepala daerah dan wakil dari PDIP se-Jawa Tengah di Hotel Padma, Semarang (15/8/2023). Terkait pertemuan ini, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menyampaikan isi materinya. 

Sebagai informasi Teguh mendapat undangan untuk konsolidasi ini. Namun Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka justru tidak diundang. Sebagaimana diketahui Gibran juga merupakan kepala daerah yang diusung oleh PDIP. 

Teguh menjelaskan ada dua hal yang ditekankan dalam acara ini. Di antaranya yakni bagaimana kepala daerah menjaga kondusivitas dalam menjaga tensi tetap terjaga meski suhu politik memanas. Mengingat Pemilu akan berlangsung dalam waktu kurang dari enam bulan. 

"Kedua, PDIP meminta kader untuk memenangkan Ganjar Pranowo dalam pilpres. Kedua hal ini yang perlu ditekankan dalam rapat," kata Teguh.

Terkait undangan acara konsolidasi ini, Teguh mengungkapkan jika undangan diberikan secara personal pada kepala daerah dan wakil kepala daerah dari PDIP. Terkait Gibran yang tidak diundang, Teguh menyampaikan bahwa Gibran menghadiri acara rapat tiga pilar di DPC PDIP pada waktu yang sama. 

"Pak Wali Gibran datang di acara tiga pilar (kantor DPC PDIP Solo). Di Solo juga ada acara final PPS (Putra Putri Solo)," ujarnya.

Menurut Teguh, seharusnya wali kota juga mendapatkan undangan karena undangannya untuk kepala dan wakil daerah. Dia pun mengaku tidak tahu jika Gibran tidak diundang. 

"Undangan itu saya terima empat atau lima hari yang lalu sebelum acara dilaksanakan," ujarnya.

Rekomendasi