Desak Anies Segera Umumkan Cawapres, PKS: Jangan Menunggu yang Tidak Pasti

| 21 Aug 2023 13:06
Desak Anies Segera Umumkan Cawapres, PKS: Jangan Menunggu yang Tidak Pasti
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera (Antara)

ERA.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendesak bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan segera mengumumkan bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendampingnya.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, desakan ini bukan tanpa alasan. Mengingat Pemilu 2024 hanya tinggal beberapa bulan lagi, sementara konsolidasi di akar rumput belum berjalan.

"Kita setuju segera deklarasi. Kenapa? Karena ini tinggal enam bulan lagi, itu waktu paling minimal untuk kita bisa penetrasi ke akar rumput yang efektif," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/8/2023).

Dia mengingatkan, Koalisi Perubahan tidak memiliki kemewahan seperti kubu bacapres lainnya, yaitu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Menurutnya, baik Ganjar maupun Prabowo punya infrastruktur yang cukup apabila bacawapresnya diumumkan belakangan.

"Yang kita tidak miliki waktu, kemewahan lain kalau Pak Prabowo katakan, mas Ganjar itu punya, Prabowo panggungnya panjang, mas Ganjar sampai September ini masih oke, terus PDIP punya infrastruktur yang bagus," kata Mardani.

Oleh karena itu, PKS menilai, deklarasi pendamping Anies harus segera dilakukan. Jangan sampai menunggu sesuatu yang tidak pasti. Apalagi, nama bacawapres sudah mengerucut dan ada di kantong Anies.

"Jadi saya setuju, kita perlu segera deklarasi dan jangan menunggu yang tidak pasti sebenarnya yang pasti sudah ada," kata Mardani.

Dia mengaku, partai politik di Koalisi Perubahan juga sepakat supaya Anies bisa segera mengumumkan nama pendampingnya pada Pillpres 2024.

"Secara umum kita sudah punya kesepakatan untuk segera mengumumkan," ujarnya.

PKS, kata Mardani, sudah berdiskusi dengan Anies. Mengingatkan supaya mencari momentum yang tepat. Jangan sampai kehilangan momentum sampai Pemilu 2024.

"Ketika berbincang mas Anies mengatakan cari momentum, kemudian memastikan bahwa nanti sudah ditentukan dia akan terus meningkat momentumnya, jangan sampai berhenti atau turun," pungkasnya.

Rekomendasi