Digoda PSI Jadi Cawapres, Gibran: Nanti Enggak Ada yang Milih

| 23 Aug 2023 09:13
Digoda PSI Jadi Cawapres, Gibran: Nanti Enggak Ada yang Milih
Gibran Rakabuming Raka. (Gabriella/ERA)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, tak ada jaminan ada yang memilihnya apabila maju sebagai calon wakil presiden (cawapres). Lagipula, aturan soal batas minimal usia calon presiden (capres) dan cawapres belum berubah.

Hal tersebut menaggapi gugatan uji materi terkait batas usia capres dan cawapres ke Mahkamah Konstusi (MK) dan godaan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan mengusung cawapres berusia 35 tahun.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengatakan, lebih baik semua pihak menunggu dulu putusan MK terhadap gugatan tersebut. Dia pun tak yakin MK akan mengabulkannya.

"Ya kita tunggu saja keputusannya dari judicial review seperti apa. Nanti enggak ada yang milih," kata Gibran di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8/2023) malam.

Karena itu, dia belum bisa memutuskan apakah siap atau tidak maju sebagai cawapres.

Menurutnya, keputusan pantas atau tidaknya seseorang maju sebagai cawapres tergantung dari keinginan masyarakat.

"Ya tergantung warga," ucapnya.

Alih-alih mengajukan dirinya sendiri, Gibran justru berkelakar bahwa posisi cawapres lebih cocok untuk Ketua Umum PSI Giring Ganesha.

"Mas Giring saja lebih cocok (jadi cawapres)," kata Gibran.

Diketahui, aturan batas usia capres dan cawapres dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) sedang ramai digugat ke MK.

Salah satu gugatan berasal dari LBH PSI yang menginginkan aturan batas usia capres dan cawapres diubah menjadi minimal 35 tahun.

Dalam salah satu rekomendasi PSI yang dibacakan saat Kopdarnas, partai besutan Giring Ganesha itu akan mendukung cawapres berusia 35 tahun apbila gugatannya di MK dikabulkan.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pembinan PSI Grace Natalie langsung dihadapan Gibran yang menghadiri acara Kopdarnas PSI.

"Bila MK mengabulkan Uji Materi LBH PSI dan ada kandidat, anak muda berusia minimal 35 tahun yang memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai calon wakil presiden, maka selayaknya lah DPP PSI memberikan dukungan kepada kandidat calon wakil presiden tersebut," tegas Grace.

Dalam kesempatan itu, secara terang-terangan Grace memuji Gibran sebagai sosok kepala daerah yang paling sukses. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu dinilai mampu membuktikan kiprah anak muda sebagai pemimpin.

"Mas Gibran Rakabuming Raka, adalah pemimpin daerah paling menonjol saat ini. Anak muda yang sering diremehkan tapi berhasil mengecewakan mereka yang pesimis dengan kemampuan anak muda," ucapnya.

Rekomendasi