Viral, Jokowi Kebablasan Saat Upacara Penyambutan di Kenya dan Sempat Ditegur, Ini Kata Istana

| 23 Aug 2023 16:14
Viral, Jokowi Kebablasan Saat Upacara Penyambutan di Kenya dan Sempat Ditegur, Ini Kata Istana
Tangkapan layar

ERA.id - Viral di media sosial video Presiden Joko Widodo kebablasan saat upacara pemeriksaan pasukan dalam rangka penyambutan kenegaraan di Kenya Senin (21/8/2023) lalu.

Menanggapi hal tersebut, pihak Istana pun buka suara. Deputi Bidang Protokol, Pers dan media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan dalm Tata Upacara Militer (TUM) dan aturan Keprotokolan Negara yang berlaku di Indonesia, penghormatan, jelas dia, hanya dilakukan satu kali kepada bendera.

"Jadi hal ini terjadi karena perbedaan TUM dan aturan Keprotokolan Negara," jelas Bey kepada wartawan pada Selasa (22/8/2023) dikutip dari Antara

Selain itu, jelas dia, kami juga tidak mendapat informasi dan pemberitahuan terkait TUM dan aturan Keprotokolan Negara di negara tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Republik Kenya, William Ruto, di State House, Nairobi, Republik Kenya, pada Senin, 21 Agustus 2023.

Tiba sekira pukul 10.00 waktu setempat (WS) atau 14.00 WIB, Presiden Jokowi disambut oleh Presiden William Ruto di halaman depan State House. Kedua pemimpin negara tersebut kemudian berjalan bersama menuju panggung kehormatan.

Setelah kedua pemimpin berada di panggung kehormatan, lagu kebangsaan masing-masing negara diperdengarkan yang diiringi oleh dentuman tembakan kehormatan. Kemudian, Presiden Jokowi berjalan memeriksa barisan kehormatan dan diikuti dengan pengenalan delegasi masing-masing negara.

Setelahnya, Presiden Jokowi dan Presiden William Ruto berjalan menuju Presidential Court untuk melaksanakan pertemuan tatap muka atau téte-a-téte dan diakhiri dengan melaksanakan foto bersama antar kedua pemimpin.

Rekomendasi