Xi Jinping Bakal Hadir di KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta? Ini Kata Dubes RI

| 23 Aug 2023 19:09
Xi Jinping Bakal Hadir di KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta? Ini Kata Dubes RI
Presiden Joko Widodo dan Xi Jinping (Antara)

ERA.id - Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Djauhari Oratmangun mengatakan kehadiran Presiden RRT Xi Jinping dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta 5-7 September 2023, masih dalam pembahasan.

“G20 kan Presiden Xi Jinping sudah hadir. Jadi saya kira (kehadiran di KTT ASEAN) masih dalam proses pembahasan antarkedua negara,” kata Dubes Djauhari dijumpai di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (23/8/2023) dikutip dari Antara.

Dia mengatakan secara tradisional kepala pemerintahan dari Tiongkok dalam hal ini Perdana Menteri Tiongkok biasanya hadir pada penyelenggaraan KTT ASEAN sebelum-sebelumnya.

Djauhari mengatakan Indonesia tentu berharap Kepala Pemerintahan/Perdana Menteri Tiongkok dapat kembali hadir pada KTT ke-43 ASEAN kali ini. Namun untuk kehadiran Presiden Tiongkok Xi Jinping ia belum dapat memastikan.

Lebih jauh terkait adanya isu bahwa Tiongkok mendorong keikutsertaan Indonesia sebagai kelompok ekonomi BRICS (Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan), Djauhari mengaku tidak mendapatkan informasi itu.

Menurutnya, keikutsertaan Indonesia pada BRICS akan ditentukan berdasarkan pertimbangan pemerintah, khususnya rekomendasi yang disampaikan oleh menteri-menteri terkait.

“Ke depan seperti apa, kan sekarang Presiden kalau tidak salah kan sedang berkunjung ke Afrika, dan mungkin akan hadir sebagai observer di KTT BRICS, jadi saya kira itu dalam proses pengambilan keputusan. Saya kira akan diputuskan pada masanya nanti,” ujar dia.

Rekomendasi