Momen Luhut Sambut PM China Saat Tiba di Bandara Soekarno Hatta

| 05 Sep 2023 18:30
Momen Luhut Sambut PM China Saat Tiba di Bandara Soekarno Hatta
PM China Li Qiang dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Perdana Menteri China Li Qiang tiba di Indonesia pada Selasa (5/9/2023) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43.

Dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden, Li Qiang tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pukul 15.30 WIB.

Li Qiang disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kedatangan Premier Li Qiang di Indonesia untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang telah mulai dilaksanakan hari ini," jelas pernyataan resmi Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, KTT ASEAN 2023 di Jakarta diselenggarakan mulai tanggal 5 sampai 7 September 2023. Pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN ini akan dilakukan terpusat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Berbeda dari KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, tidak hanya pemimpin organisasi dari negara ASEAN yang menghadiri KTT ke-43 ASEAN. Namun, turut hadir pula negara-negara mitra, antara lain Cina, Korea Selatan, Jepang, India, Selandia Baru, Federasi Rusia, Australia, dan Amerika Serikat. Bahkan, rencananya pemimpin Pacific Island Forum, Perdana Menteri Kanada, dan Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank) juga ikut datang dalam pertemuan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

Adapun, secara umum tema kegiatan KTT ke-43 ASEAN ini adalah 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'. Tema ini akan dijadikan pembahasan utama dan menghasilkan sejumlah pembahasan lain yang lebih mendetail dan spesifik.

Rekomendasi