Lukisan SBY 'Kabut Pagi di Dusun Sunyi' Laku Dilelang Setengah Miliar

| 25 Aug 2023 09:37
Lukisan SBY 'Kabut Pagi di Dusun Sunyi' Laku Dilelang Setengah Miliar
Lukisan SBY laku dielalng setengah miliar. (Gabriella/ERA)

ERA.id - Lukisan karya Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) laku terjual senilai Rp510 miliar dalam lelang di acara 'Merajut Persatuan' di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2023) malam.

Lukisan berjudul 'Kabut Pagi di Dusun Sunyi' itu dikerjakan SBY dalam tempo yang cukup singkat, bahkan kurang dari 24 jam. Tepatnya mulai Rabu (23/8) siang, dan selesai pada Kamis (24/8) pagi.

"Selesai jam setengah delapan. Saya mulai kemarin, selesai tadi pagi," kata SBY.

Adapun lukisan karyanya itu menceritakan tentang pemandangan pedesaan di pagi hari dengan kabut tipis. Menurutnya, pemandangan itu sangat khas dengan suasana alam di Tanah Air.

"Kalau kita sering melihat keindahan alam, suasana yang teduh, hati kita ikut teduh," ucapnya.

Proses lelang lukisan karya SBY itu berlangsung cukup sengit. Lelang dibuka dengan harga Rp100 juta, dengan penawaran dengan kelipatan Rp10 juta.

Kurang dari setengah jam, lukisan itu nyaris menembus angka setengah miliar.

Ada tiga penawar terkuat yang masih memperebutkan lukisan dengan harga penawaran masing-masing. Mereka di antaranya Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, Rinto Subekti, dan Mifta Sobri.

Rinto membuka penawaran di angka Rp400 juta, namun secara cepat Mifta melakukan penawaran kembali di angk Rp475 juta. Sampai pada akhirnya penawaran mencapai Rp 500 juta.

Syarief lantas melakukan penawaran dengan menambahkan harga Rp10 juta dari harga sebelumnya. Penawaran langsung ditutup setelah tak ada yang menandingnya.

Setelah acara lelang, Syarief menyampaikan bahwa dirinya memang mengagumi SBY sebagai pelukis.

"Saya memang termasuk salah satu penggemar berat, saya sekrang mengoleksi dengan tadi ini, ada empat lukisan ya. Akan selalu mengoleksi. Karena beliau juga memang tokoh favorit saya begitu," kata Syarief.

Sebagai informasi, uang hasil lelang lukisan karya SBY itu seluruhnya diberikan kepada Jogja Disability Arts untuk mendukung seniman disabilitas terus berkarya.

Sejumlah lukisan karya seniman disabilitas asal Jogja juga sempat di lelang. Salah satunya bahkan dibeli oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan harga Rp50 juta.

Selain itu, lukisan karya pelukis Nasirun berjudul 'Ibu Bumi 1', Ibu Bumi 2', dan 'Ibu Bumi 3' juga ikut dilelang. Salah satunya dibeli oleh putra bungsu SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas senilai Rp95 juta.

Rekomendasi