Target Konstruksi Rusun ASN IKN Selesai Akhir 2024, Anggarannya Rp9,4 T Pakai APBN dan Lelang

| 25 Aug 2023 13:45
Target Konstruksi Rusun ASN IKN Selesai Akhir 2024, Anggarannya Rp9,4 T Pakai APBN dan Lelang
Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (25/8/2023). ANTARA/Aji Cakti

ERA.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan menargetkan pembangunan 47 tower rumah susun atau rusun ASN di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara selesai pada akhir tahun depan.

"Akhir 2024 seluruh pembangunan 47 tower rusun ASN di IKN harus sudah selesai," ujar Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto dalam konferensi pers di Jakarta dikutip dari Antara, Jumat (25/8/2023).

Iwan menambahkan, sebanyak 47 tower Rusun ASN IKN tersebut harus sudah fully furnished dan siap huni, termasuk kawasannya harus fungsional.

"Pada Juli 2024 ditargetkan minimal sudah ada 12 tower rusun ASN IKN yang telah selesai terbangun, fully furnished, dan siap untuk dihuni oleh para ASN," katanya.

Untuk perumahan ASN di IKN Nusantara, Kementerian PUPR mendapatkan penugasan untuk membangun 47 tower Rusun ASN di IKN dengan alokasi anggaran Rp9,4 triliun.

"Untuk alokasi tahun ini sebesar Rp3,7 triliun, dan untuk pelaksanaan pembangunannya baru saja kontraknya ditandatangani pada hari ini, Jumat (25/8)," kata Iwan.

Proyek pembangunan 47 tower rusun ASN di IKN ini menggunakan skema dana APBN dan melalui proses lelang.

Proyek paket 47 tower rusun ASN tersebut terdiri dari 31 tower rusun untuk hunian ASN, 9 tower rusun untuk hunian TNI, 4 tower rusun untuk hunian Polri, dan 3 tower rusun untuk hunian Badan Intelijen Negara atau BIN.

Pembangunan 47 tower rusun ASN IKN ini dilaksanakan secara kerja sama operasional (KSO) oleh pemenang kontrak yang merupakan perusahaan-perusahaan dalam negeri mengingat kontraknya mencakup desain dan konstruksi.

Penyusunan desain menjadi tahap awal dari proses pembangunan 47 tower rusun ASN IKN.

"Secara fisik paling cepat pada pertengahan September pembangunan 47 tower rusun ASN IKN dapat dimulai konstruksinya atau groundbreaking," kata Iwan.

Bangunan tower rusun ASN di IKN ini memiliki spesifikasi 12 lantai, di mana dua lantai bawah diperuntukkan untuk fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti pusat kebugaran, co-working space, kafe, supermarket, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Sedangkan 10 lantai lainnya diperuntukkan bagi residensial ASN.

Untuk kawasan di sekitarnya, rusun-rusun ASN itu juga dilengkapi dengan lapangan olahraga, area rekreasi, embung sebagai taman publik dan ruang terbuka hijau bagi ASN.

"Rata-rata ASN yang akan dipindahkan ke IKN Nusantara merupakan ASN generasi milenial, sehingga rusun ASN dan kawasannya dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan milenial ," ujar Iwan.

Rekomendasi