SBY Bakal Tanya Kendala Elektabilitas Anies Turun ke Tim 8, Demokrat: Kita Tahu Salah Satu Faktor Belum Ada Kepastian

| 25 Aug 2023 19:34
SBY Bakal Tanya Kendala Elektabilitas Anies Turun ke Tim 8, Demokrat: Kita Tahu Salah Satu Faktor Belum Ada Kepastian
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Renanda Bachtar (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Renanda Bachtar mengatakan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal menanyakan kendala Koalisi Perubahan yang menyebabkan elektabilitas Anies merosot. Mengingat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin dekat.

Hal itu bakal ditanyakan dalam pertemuan antara Tim Delapan Koalisi Perubahan dan Anies di kediaman SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).

"Tentu saja ini dalam konteks kita ingin memastikan apa yang menjadi kendala atau tantangan di koalisi perubahan semua tahu, yakni elektabilitas bacapres Mas Anies yang memang menurun," kata Renanda dikutip dari Antara, Jumat (25/8/2023).

Partai Demokrat menduga, salah satu faktor yang menjadi kendala karena belum adanya kepastian siapa yang akan mendampingi Anies.

Akibatnya, konstituen dari masing-masing partai merasa gamang akan nasib Koalisi Perubahan.

"Kita tahu pasti salah satu faktor penyebabnya adalah belum adanya kepastian. Sedikit banyak tentu itu ada pengaruh di konstituen apakah betul koalisi ini akan berlayar apakah Mas Anies nanti juga akan benar-benar maju, apakah koalisi ini solid," katanya.

Dia mengatakan, Partai Demokrat berharap Anies segera mendeklarasikan bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendampingnya. Sehingga bisa menggunakan sisa waktu sebelum 14 Februari 2024 untuk melakukan konsolidasi. Dia meyakini, deklarasi cawapres bakal mendongkrak elektabilitas Anies.

"Kita yakin apabila memang dalam waktu dekat ini bisa dideklarasikan pasangan cawapresnya juga kami sangat yakin ini akan jadi game changer nanti begitu," kata Renanda.

Rencananya, Anies akan didampingi oleh Tim Delapan Koalisi Perubahan dan SBY didampingi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam pertemuan malam ini. Dari pantauan di lokasi, Anies tiba di kediaman SBY sekitar pukul 19:15 WIB.

Sebagai informasi, Anies dan Tim Delapan Koalisi Perubahan sebelumnya sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, pada Kamis (24/8) malam. Pertemuan berlangsung sekitar empat jam hingga larut malam.

Rencananya, Anies dan Tim Delapan akan menemui para petinggi partai politik Koalisi Perubahan untuk melaporkan perkembangan strategi pemenangan Pilpres 2024.

Rekomendasi