Pengumuman! Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Mulai 28 Oktober

| 30 Aug 2023 16:35
Pengumuman! Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Mulai 28 Oktober
Bandara Kertajati. (Antara)

ERA.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Kertajati yang terletak di Majalengka, Jawa Barat akan beroperasi penuh mulai 28 Oktober 2023. Pesawat yang berada di Bandung akan dipindahkan ke Bandara Kertajati. Hal itu disampaikan dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Rabu (30/8/2023).

"Informasinya clear bahwa Bandara Kertajati tanggal 28 Oktober sudah berfungsi penuh. Jadi semua pesawat-pesawat yang ada di Bandung akan dipindah ke Kertajati," ucapnya dikutip dari Antara, Rabu (30/8/2023).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan waktu satu tahun bagi pesawat baling-baling yang berada di Bandung untuk dipindahkan ke Bandara Kertajati.

Lebih lanjut, Budi memastikan bahwa lokasi Bandara Kertajati cukup stretegis. Dia mengatakan, hanya butuh waktu tempuh sekitar 50 menit untuk ke Cirebon dan Bandung dengan menggunakan kendaraan umum.

"Damri juga akan memberikan subsidi. Jadi paling tidak ada dua kota yang akan terpenuhi yaitu Cirebon dan juga satu lagi Bandung," ucap Budi.

Selain itu, di sekitar bandara juga dibangun asrama haji. Pemberangkatan jamaah haji dari Bandara Kertajati sudah dimulai pada tahun lalu.

Dia menambahkan, Bandara Kertajati juga mengikutsertakan investor asing dan dalam negeri. Hal tersebut dianggap cukup membanggakan bagi pemerintah.

"Bandara itu diharapkan awal tahun depan akan beroperasi. Sebagai informasi kami memang sudah memberikan keterangan kepada Pemda Kabupaten Kediri bahwa bandara tersebut bisa digunakan untuk umroh dan haji jadi bermanfaat bagi masyarakat," ujar Budi.

Rekomendasi