Polisi Ungkap Hasil Pemeriksaan Awal CCTV di Museum Nasional

| 19 Sep 2023 15:46
Polisi Ungkap Hasil Pemeriksaan Awal CCTV di Museum Nasional
Anggota Laboratorium Forensik Polda Metro Jaya berjalan di area pasca kebakaran Museum Nasional di Jakarta (Antara)

ERA.id - Polisi telah mengambil sejumlah CCTV yang merekam titik kebakaran di enam ruang Gedung A, Museum Nasional, Jakarta Pusat (Jakpus).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin menerangkan pihaknya telah melakukan pemeriksaan awal ke CCTV itu dan hasilnya, rekaman itu dimungkinkan bisa menjadi petunjuk untuk mengungkap kebakaran di Museum Nasional.

"Dari tayangan CCTV yang ada itu masih, CCTV yang tidak langsung memperlihatkan ke titik (api) tersebut, hanya terlihat warna kemerahan yang ada pada bagian belakang museum. Jadi itu hanya sekedar petunjuk saja," kata Komarudin kepada wartawan, Selasa (19/9/2023).

Perwira menengah Polri ini menyebut CCTV yang telah diamankan itu masih didalami. Rekaman pada CCTV itu sempat mati diduga karena kabel yang terbakar.

"Sampai dengan semalam 21 saksi (telah dimintai keterangan) kemarin siang 16 tambah lagi 5 jadi 21," ujarnya.

Sebelumnya, polisi mengaku kesulitan untuk melakukan identifikasi benda sejarah di Museum Nasional atau Museum Gajah usai terbakar pada Sabtu (16/9) malam.

"Sangat sulit dibedakan, mana itu puing-puing reruntuhan ataupun benda bersejarah. Tapi, di dalam masih banyak yang utuh secara kasat mata," kata Kombes Komarudin di Museum Nasional, Minggu (17/9).

Berdasarkan pantauan di dalam ruangan yang terbakar, masih tampak barang-barang utuh selain puing-puing reruntuhan bekas terbakar.

Komarudin menyebut pihaknya belum bisa merinci perihal jumlah serta jenis artefak yang terbakar itu.

Rekomendasi