Beda dari Megawati, Ganjar Janji Kuatkan KPK

| 19 Sep 2023 21:00
Beda dari Megawati, Ganjar Janji Kuatkan KPK
Megawati dan Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo menyatakan akan menguatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberangus korupsi. Hal ini berbeda dengan pernyataan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang pernah viral bahwa ia akan mengusulkan pembubaran KPK.

Hal itu disampaikan Ganjar di acara "Mata Najwa: Tiga Bacapres Bicara Gagasan" di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (19/9/2023). "Saya sepakat KPK dikuatkan," ujar bacapres dari PDIP itu.

Sebelumnya, presenter acara Mata Najwa, Najwa Shihab, menunjukkan tangkapan layar berita yang menampilkan ucapan Megawati soal usulannya ke Presiden Joko Widodo untuk membubarkan KPK.

Ganjar memaparkan bahwa pemberantasan korupsi menjadi salah satu program utamanya, terutama dalam penegakan hukum. Menurut dia, program ini memiliki sejumlah tantangan yakni dari sisi aktor, lembaga, sistem, dan aturannya.

Untuk itu, Ganjar memaparkan, solusi utamanya adalah penguatan lembaga penegak hukum. "Solusinya penguatan untuk KPK, Kejaksaan, dan Kepolisian," kata Ganjar yang beberapa kali menegaskan adanya penguatan KPK.

Untuk menunjukkan komitmennya, Ganjar juga menyatakan rutin melaporkan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN). "Terakhir saya melaporkan 3 hari setelah pensiun dari Gubernur," ujarnya.

Rekomendasi