Mendag Zulkifli Sebut UMKM Harus Bisa Memenuhi Pasar Global

| 20 Sep 2023 22:52
Mendag Zulkifli Sebut UMKM Harus Bisa Memenuhi Pasar Global
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Antara)

ERA.id -  Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia harus bisa memenuhi pasar global.

"Kami sudah menyiapkan jalan tol bagi UMKM agar bisa masuk ke pasar internasional. Sebab produk UMKM kita ini harus bisa menyerbu pasar dunia, seperti di Lampung ini sudah ada pisang goreng yang bisa masuk pasar global dan dikenal banyak konsumen," ujar Zulkifli Hasan di Bandarlampung, Rabu (20/9/2023).

Ia mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah telah menjalin kerjasama dengan berbagai negara untuk memperluas pasar produk UMKM di Indonesia.

"Tanpa menguasai pasar dunia, kita tidak bisa membuat Indonesia menjadi negara maju secara perekonomian, dan dibuatnya jalan bebas hambatan untuk produk UMKM ini bertujuan agar produk ini bisa masuk ke pasar global," katanya.

Dia menjelaskan untuk perjanjian kerjasama tersebut telah dilakukan ke negara Asia Selatan, Afrika, Timur Tengah, negara-negara ASEAN.

"Yang di kawasan ASEAN sudah selesai kerjasama ini, sekarang seluruh produk UMKM yang mau masuk ASEAN sudah bebas tarif seperti pajak dan bea lainnya dibuat seperti yang di Uni Eropa," ucapnya.

Menurut dia, adanya kerjasama strategis perdagangan tersebut diharapkan dapat terus meningkatkan neraca perdagangan secara nasional sekaligus membantu membawa produk UMKM mendunia.

"Kita ambil negara-negara non tradisional dan ternyata produk UMKM kita cukup digemari dan cocok harganya dibawa ke beberapa negara. Harapannya semuanya bisa membantu produk UMKM membanjiri pasar global," tambahnya.

Ia melanjutkan selain itu untuk meningkatkan perluasan pasar produk lokal, telah dilakukan pula hilirisasi berbagai komoditas.

"Jadi hilirisasi ini juga dapat membantu memperluas pasar sebab yang dijual bukan bahan mentah melainkan yang sudah diolah menjadi produk siap pakai atau siap konsumsi," ujar dia lagi. (Ant)

Rekomendasi