Ganjar Selalu Libatkan Ulama dalam Menyelesaikan Masalah: Pesannya Menyejukkan

| 22 Sep 2023 21:47
Ganjar Selalu Libatkan Ulama dalam Menyelesaikan Masalah: Pesannya Menyejukkan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Dok Antara)

ERA.id - Ganjar Pranowo mengungkapkan pentingnya peran ulama dalam kehidupan sosial, agama, dan pembangunan bangsa.

Ganjar mengakui bahwa selama menjabat gubernur Jawa Tengah dua periode, mendengarkan nasihat dan pertimbangan ulama selalu menjadi prioritasnya dalam menyelesaikan berbagai masalah. 

"Ulama memberikan petuah, cara yang menyejukkan, yang terkait dengan kemasyarakatan. Kehadiran mereka memberikan ketenangan kepada masyarakat," kata Ganjar seusai bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin, Semampir, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/9/2023).

Ganjar juga menyoroti peran ulama dalam konteks pelaksanaan Undang-Undang Pesantren dan memberikan perhatian kepada para guru ngaji. Ganjar berbagi pengalaman pribadinya di Jawa Tengah, di mana penghargaan kepada ulama dan guru agama lainnya telah meningkatkan semangat mereka dalam berkontribusi pada masyarakat.

"Kemudian mereka bisa memberikan masukan, arahan, contoh yang menyejukkan dan itu menyelesaikan persoalan. Dan kita senang umpama pengalaman-pengalaman di Jateng yang sering kita libatkan untuk menyelesaikan beberapa persoalan itu ternyata punya dampak bagus di masyarakat," tutur Ganjar. 

Dalam pertemuan dengan pengasuh Ponpes, Ganjar juga membahas masalah yang masih perlu diselesaikan, seperti masalah ekonomi dan penataan kawasan. Ganjar menegaskan bahwa pemerintah harus berkolaborasi dengan ulama untuk mengatasi tantangan ini bersama-sama.

"Saya kira pereran perintah bisa ikut terlibat, ekonomi, penatan kawasan, sehingga mereka tidak dibiarkan berjalan sendiri, tapi berpartner dengan pemerintah. Ulama dengan umara-nya (pemimpin) bertemu pada kepentingan-kepentingan sosial ke masyarakatan," pungkasnya.

Selain itu, dalam silaturahmi ke pknpes, Ganjar Pranowo beserta istrinya, Siti Atikoh melakukan ziarah ke makam Syekh KH. Muhammad Utsman Al Ishaqy, Surabaya, Jawa Timur. 

Ziarah dipimpin oleh KH. Luqman Hakim selaku pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ubudiyah Raudlatul Muta'allimin. Dalam ziarah tersebut, Ganjar yang merupakan baka calon presiden didoakan agar sukses, sehat dan menang dalam Pilpres 2024.

Rekomendasi