Beri Selamat ke Kaesang Jadi Ketum PSI, Puan Maharani Tak Anggap Keluarga Jokowi Bermanuver

| 26 Sep 2023 18:55
Beri Selamat ke Kaesang Jadi Ketum PSI, Puan Maharani Tak Anggap Keluarga Jokowi Bermanuver
Puan Maharani (Dok. DPR)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengucapkan selamat kepada Kaesang Pangarep yang baru saja ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Saya sampaikan selamat untuk Mas Kaesang sudah menjadi ketua umum PSI, semoga amanah dan bisa bekerja dengan baik sebagai ketua umum. Selamat ya Mas Kaesang," kata Puan di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

Meskipun Kaesang memilih bergabung dan memimpin PSI ketimbang menjadi kader PDIP, Puan tak menilai hal tersebut sebagai langkah manuver dari keluarga Presiden Joko Widodo.

Diketahui, Presiden Jokowi dan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka hingga menantunya Bobby Nasution merupakan kader PDIP.

"Manuver apa? Siapa yang nganggep? Saya enggak. Biasa saja. Makanya saya bilang selamat Mas Kaesang sudah jadi ketua umum," kata Puan.

Sebaliknya, Puan justru mengajak PSI yang kini dipimpin Kaesang untuk bergabung dalam gerbong pendukung Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Sebuah partai itu mempunyai strateginya masing-masing dalam merangkul, kemudian memenangkan capresnya. Jadi kemudian, ayo Mas Kaesang, ikut PDI Perjuangan saja yuk (dukung Ganjar)," kata Puan.

Diketahui, Dewan Pembina PSI memberikan mandat kepada Kaesang sebagai ketua umum PSI yang ketiga menggantikan Giring Ganesha. Mandat itu diberikan dalam forum Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada Senin (25/9) malam.

Jabatan ketua umum ini hanya berselang dua hari sejak Kaesang memutuskan bergabung dengan PSI pada Sabtu (23/9).

Ditemui usai Kopdarnas PSI, Kaesang tak menampik bahwa mandat dari Dewan Pembina partainya ini merupakan bagian dari privilese anak presiden.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu mengatakan, hak istimewa atau privilese itu selalu ada untuk dirinya.

"Ya privilese selalu ada. Ya privilese, saya mengiyakan," kata Kaesang.

Rekomendasi