Jadi Ketum PSI, PDIP Ajak Kaesang Ikut Dukung Ganjar di Pilpres 2024

| 26 Sep 2023 20:13
Jadi Ketum PSI, PDIP Ajak Kaesang Ikut Dukung Ganjar di Pilpres 2024
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani (Antara)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengajak Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep ikut mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Puan mengatakan, PDIP terbuka bagi siapapun yang ingin ikut mendukung Ganjar. Tak terkecuali dengan PSI yang gini dipimpin Kaesang.

"PDIP selalu terbuka, kami akan selalu bersilaturahmi," kata Puan di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

"Namun memang sebuah partai itu mempunyai strateginya masing-masing dalam merangkul, kemudian memenangkan capresnya. Jadi ayo Mas Kaesang ikut PDI Perjuangan saja yuk," imbuhnya.

Puan tak mau berspekulasi prihal penunjukan Kaesang sebagai ketua umum PSI sebagai bagian dari manuver dari keluarga Presiden Joko Widodo.

Sebaliknya, dia menyampaikan ucapan selamat dan mendoakan agar Kaesang dapat menjalankan tugasnya sebagai ketua umum partai.

"Manuver apa? Siapa yang nganggep? Saya enggak. Biasa saja. Makanya saya bilang selamat Mas Kaesanng sudah jadi ketua umum," kata Puan.

Diketaui, Dewan Pembina PSI memberikan mandat kepada Kaesang sebagai ketua umum PSI yang ketiga menggantikan Giring Ganesha. Mandat itu diberikan dalam forum Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada Senin (25/9) malam.

Jabatan ketua umum ini hanya berselang dua hari sejak Kaesang memutuskan bergabung dengan PSI pada Sabtu (23/9).

Ditemui usai Kopdarnas, Kaesang mengaku dekat dan menjalin komunikasi baik dengan Prabowo maupun Ganjar Pranowo.

"Saya sama Pak Prabowo ya Alhamdulillah dekat. Sama Pak Ganjar kemarin juga ketemu di (festival musik) Pesta Pora," kata Kaesang di Djarata Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9).

Dia juga mengaku sudah berkomunikasi dengan Prabowo maupun Ganjar soal arah dukungan politiknya maupun PSI pada Pilpres 2024.

Namun, PSI belum menentukan arah dukungan terhadap salah satu bacapres tertentu. Adapun dalam sejumlah kesempatan, partai berlambang bunga mawar ini kerap hadir bersama Prabowo, teranyar saat kunjungan Partai Demokrat ke Hambalang.

Kaesang mengatakan, akan mendengarkan aspirasi dari akar ramput partainya.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu menekankan, siapapun bacapres yang akan diusung nantinya adalah sosok yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan PSI.

"Kita masih berkoordinasi dengan seluruh DPD dan DPW, mereka inginnya apa. Kita juga sambil menunggu siapa yang terbaik untuk kita dukung ke depannya. Balik lagi, yang penting siapa yang kita dukung itu visi dan misinya sama dengan PSI," tegas Kaesang.

Tags : Kaesang pdip psi
Rekomendasi