Presiden Jokowi Dipastikan Hadir Rakernas PDIP Jumat Besok

| 28 Sep 2023 18:29
Presiden Jokowi Dipastikan Hadir Rakernas PDIP Jumat Besok
Presiden Jokowi, Megawati, Ganjar Pranowo. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan hadir dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan (PDIP) pada Jumat (29/9) di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Kabar kehadiran Presiden Jokowi disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat meninjau persiapan Venue Rakernas IV, Kamis (28/9/2023).

"Yang diundang tentu saja dari Bapak Presiden Jokowi, Mas Pramono Anung (Sekretaris Kabinet) telah melakukan konfirmasi bahwa beliau berkenan hadir," ujar Hasto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Adapun tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan subtema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Rakernas IV ini bakal digelar selama tiga hari mulai 29 September sampai 1 Oktober 2023.

Hasto menambahkan Wakil Presiden K.H. Maruf Amin serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju akan hadir.

Namun, dia menyadari bahwa pembukaan Rakernas IV PDIP ini bertepatan pada hari kerja sehingga tidak semua menteri kabinet akan hadir langsung dalam acara tersebut.

"Termasuk, Bapak Wapres K.H. Maruf Amin, para menteri kabinet Indonesia Maju karena hari kerja sehingga tidak semuanya kami undang, yang menjadi sahabat-sahabat PDIP dan tentu saja aspek emosional 'bonding' dengan PDIP akan hadir," katanya.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) ini menuturkan dalam rakernas dihadiri ketua, wakil, dan sekretaris PDIP setingkat provinsi/kabupaten hingga anggota DPR RI.

"Seluruh kader partai di seluruh Indonesia ketua, wakil, sekretaris, bendahara DPD, dan DPC serta anggota DPRD tingkat provinsi/kabupaten serta anggota DPR RI hadir," ucap Hasto.

Hasto menyebut seluruh kader dari unsur tiga pilar partai, yaitu struktur, eksekutif, dan legislatif partai akan hadir langsung di lokasi acara.

Politisi asal Yogyakarta ini menambahkan bahwa para ketua umum parpol, sekjen, dan badan pemenangan pemilu partai pendukung Ganjar Pranowo akan hadir dalam rakernas ini.

"Para ketua umum dan sekjen serta badan pemenangan pemilu dari partai PPP, Hanura, dan Perindo itu akan diundang," jelas Hasto.

Selain itu, Hasto mengatakan bahwa antusiasme pengurus serta kader dari seluruh daerah untuk mengirim para petani, nelayan, dan pengembang dari produk-produk laut berdatangan.

"Sehingga hampir diperkirakan 4.000 perwakilan petani dan nelayan datang di rakernas ini bertemu dengan pemimpin nasional kita dan seluruh kader PDI Perjuangan yang membangun komitmen bahwa Indonesia seharusnya bisa berdiri di atas kaki sendiri di bidang pangan," jelas Hasto. (Ant)

Rekomendasi