Megawati, Ganjar, dan Jokowi Bakal Pidato di Rakernas IV PDIP Besok

| 28 Sep 2023 19:17
Megawati, Ganjar, dan Jokowi Bakal Pidato di Rakernas IV PDIP Besok
Presiden Jokowi, Megawati, dan Ganjar Pranowo. (Antara)

ERA.id - PDI Perjuangan akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 di kawasan Kemayoran, Jakarta.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato secara terbuka, dan dilanjutkan pengarahan tertutup untuk publik.

"Sebagai tradisi Rapat Kerja Nasional, Ibu Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik dan kemudian beliau juga akan menyampaikan pidato secara tertutup di dalam menggembleng seluruh Partai," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2023).

Selain Megawati, bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo dan Presiden Joko Widodo juga akan menyampaikan pengarahan khusus.

Hasto menambahkan hanya pidato pembukaan Megawati yang bisa diakses secara umum.

"Pak Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden dari PDI Perjuangan yang juga sangat menahami dan beliau ini kan menjadi pengurus diklat. Itu ikut di dalam sosialisasi dan perumusan konsepsi tentang pentingnya membangun pangan dengan cara-cara berdikari," kata Hasto.

"Bapak Presiden Jokowi juga akan menyampaikan sambutannya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Hasto menyatakan, PDIP turut mengundang Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Namun, dia menyadari bahwa pembukaan Rakernas IV PDIP ini bertepatan pada hari kerja. Sehingga, tidak semua menteri Kabinet akan hadir langsung dalam acara tersebut.

"Juga Bapak Wapres KH Maruf Amin, para menteri kabinet Indonesia Maju, karena hari kerja sehingga tidak semuanya kami undang, yang menjadi sahabat-sahabat PDIP dan juga tentu saja aspek emosional bonding dengan PDIP akan hadir," kata Hasto.

Selain itu, dalam Rakernas ini juga dihadiri ketua, wakil, dan sekretaris PDIP setingkat provinsi/kabupaten hingga anggota DPR RI.

"Seluruh kader partai di seluruh Indonesia ketua, wakil, sekretaris, bendahara DPD, dan DPC serta anggota DPRD tingkat provinsi/kabupaten serta anggota DPR RI juga hadir," ucap Hasto.

Hasto menyebut, seluruh kader dari unsur tiga pilar partai yaitu struktur, eksekutif, dan legislatif partai akan hadir langsung di lokasi acara. Para ketua umum parpol, sekjen dan badan pemenangan Pemilu partai pendukung Ganjar Pranowo juga akan hadir dalam Rakernas ini.

"Para ketua umum dan sekjen serta badan pemenangan pemilu dari partai PPP, Hanura dan Perindo itu akan diundang," ucap Hasto.

Selain itu, Hasto mengatakan bahwa antusiasme dari pengurus serta kader dari seluruh daerah untuk mengirim para petani, nelayan, dan juga pengembang dari produk-produk laut berdatangan.

"Sehingga hampir diperkirakan 4.000 perwakilan petani dan nelayan datang di Rakernas ini bertemu dengan pemimpin nasional kita dan juga seluruh kader PDI Perjuangan yang membangun komitmen bahwa Indonesia seharusnya bisa berdiri di atas kaki sendiri di bidang pangan," jelas Hasto.

Adapun, tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Rekomendasi