Usai Puan Temui JK, PDIP Tebar 'Kode' ke Golkar

| 05 Oct 2023 11:12
Usai Puan Temui JK, PDIP Tebar 'Kode' ke Golkar
Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke kediaman pribadi wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla. (Dok. Husain Abdullah)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya masih membuka komunikasi dengan Golkar, meski Golkar mendukung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Hasto saat disinggung terkait dengan kemungkinan Golkar buka komunikasi untuk jalin kerja sama dengan PDI Perjuangan.

"Meskipun secara resmi Partai Golkar telah memberikan dukungan kepada Pak Prabowo, komunikasi politik tetap dijalankan di DPR RI, di fraksi itu berjalan dengan baik, kerja sama antara PDI Perjuangan dan Golkar," kata Hasto usai rapat TPN Ganjar Presiden di Gedung High End, Jakarta, Rabu kemarin.

Komunikasi yang dimaksud berkaitan dengan Fraksi DPR RI. Hasto juga menegaskan peluang berubahnya arah dukungan dari Golkar merupakan kedaulatan partai berlambang pohon beringin tersebut.

Untuk itu, keputusan untuk mendukung calon tertentu tidak otomatis menutup komunikasi politik yang dilakukan PDI Perjuangan dan Golkar. "Terkait dengan arah dukungannya apakah ada perubahan atau tidak? Itu merupakan bagian dari kedaulatan politik dari Partai Golkar," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani berkunjung ke kediaman pribadi wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu, untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi soal kondisi bangsa saat ini dan tantangannya pada masa depan.

"Ya, karena beliau (Puan) 'kan sebagai Ketua DPR, jadi saya harus berbicara tentang rakyat. Kami berbicara tentang keadaan (negara), apa yang terjadi saat ini, dan apa yang akan terjadi pada masa mendatang," kata JK usai pertemuan.

JK mengatakan bahwa mereka juga membahas mengenai hal-hal yang perlu dibenahi untuk kemajuan Indonesia pada masa depan. Selain itu, pembahasan mereka mengenai kondisi politik nasional menjelang Pilpres 2024.

Rekomendasi