Aksi Greenpeace Indonesia Masuk Kolam Bundaran HI Pakai Atribut Gurita Dibubarkan, 12 Orang Ditangkap

| 06 Oct 2023 13:05
Aksi Greenpeace Indonesia Masuk Kolam Bundaran HI Pakai Atribut Gurita Dibubarkan, 12 Orang Ditangkap
Aksi Greenpeace menyebur di kolam Bundaran Hotel Indonesia Jakarta. (tangkap layar)

ERA.id - Greenpeace Indonesia melakukan aksi di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, sambil membawa atribut seperti gurita pada Jumat (6/10/2023) pagi tadi.

Dilihat di akun Instagram @greenpeaceid, mereka masuk ke dalam kolam Bundaran HI sambil memakai atribut gurita ketika melakukan kampanye. Sebuah spanduk bewarna kuning berisi tulisan-tulisan dibentangkan.

Dalam aksi ini, mereka menyuarakan #pemilutanpaoligarki.

"Sudah banyak kerusakan lingkungan dan ketimpangan yang terjadi akibat kuasa oligarki ini. Karena itu jangan biarkan Indonesia kita hancur oleh monster oligarki," demikian narasi yang dilihat di akun Instagram @greenpeaceid, Jumat (6/10/2023).

Namun ternyata aksi Greenpeace Indonesia sambil membawa atribut gurita di Bundaran HI ini dibubarkan. Belasan orang ditangkap oleh polisi.

"Sudah diberikan imbauan, oleh petugas namun tidak diindahkan dan sekitar 10-12 orang menyeburkan diri, membawa dengan memasukan barang-barang tersebut dan langsung kita amankan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin kepada wartawan, Jumat (6/10/2023).

Komarudin menjelaskan massa Greenpeace yang diamankan ini dibawa ke Polsek Menteng. Perwira menengah Polri ini menerangkan masyarakat yang ingin melakukan unjuk rasa tidak perlu izin.

Namun, wajib memberitahu pihak kepolisian dengan memberikan surat pemberitahuan aksi. 

"Jadi mereka (Greenpeace Indonesia) tanpa pemberitahuan," ucapnya.

Massa Greenpeace Indonesia masih menjalani pemeriksaan hingga saat ini.

Rekomendasi