Sahrul Yasin Limpo Pamit ke Jokowi: Maaf Tidak Bisa Membantu Bapak Sampai Akhir Masa Jabatan

| 08 Oct 2023 22:22
Sahrul Yasin Limpo Pamit ke Jokowi: Maaf Tidak Bisa Membantu Bapak Sampai Akhir Masa Jabatan
Sahrul Yasin Limpo Pamit ke Jokowi (Dok, Istimewa)

ERA.id - Syahrul Yasin Limpo menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (8/10/2023) malam. Dia resmi berpamitan setelah menyampaikan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian.

Pertemuannya dengan Presiden Jokowi digelar tertutup selama satu jam. Dalam pertemuan itu, hadir pula Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Syahrul sempat menyampaikan permintaan maaf lantaran tidak bisa mendampingi Presiden Jokowi hingga akhir masa jabatan.

"Saya juga mohon maaf dan pamit pada Bapak Presiden karena tidak bisa menyelesaikan tugas atau tidak bisa lagi membantu Bapak Presiden sampai akhir masa jabatan," kata Syahrul dikutip dari keterangan tertulis.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah memberikan kepercayaan memimpin Kementerian Pertanian.

Diketahui, Syahrul ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Mentan pada 23 Oktober 2019.

"Saya anggap itu kepercayaan dan tugas yang harus Saya jalankan sebaik-baiknya untuk mengurus Pertanian di Republik ini agar lebih bermanfaat bagi Rakyat Indonesia," kata Syahrul.

Sebelumnya, Presiden RI Jokowi mengatakan pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Minggu malam, di Istana Merdeka, Jakarta, akan dilakukan secara terbuka untuk media.

"Iya nanti malam," kata Presiden Jokowi saat ditemui usai melakukan panen raya di Subang, Jawa Barat.

Meski tidak ingin merinci pembahasan dalam pertemuannya nanti, Jokowi mengatakan bahwa media diperbolehkan meliput secara terbuka.

"Ya ga papa juga," kata Jokowi.

Kepala Negara pun sudah menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana Tugas Menteri Pertanian, menyusul pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo terkait kasus dugaan korupsi yang menimpanya.

Rekomendasi