Cawapres Ganjar Tidak Cuma Ditentukan karena Sosok melainkan Kriteria

| 12 Oct 2023 08:40
Cawapres Ganjar Tidak Cuma Ditentukan karena Sosok melainkan Kriteria
Bacapres Ganjar Pranowo berjalan meninggalkan ruangan usai mengikuti pertemuan partai politik pengusungnya di Jakarta, Rabu (27/9/2023). (Antara)

ERA.id - Para ketua umum partai politik pendukung Ganjar Pranowo masih intens menggodok nama-nama calon wakil presiden (cawapres) untuk jagoannya.

"Selama ini kita secara intens membahas siapa-siapa yang pantas mendampingi Pak Ganjar," ujar Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2023).

Namun dia menekankan, penentuan pendamping Ganjar tidak hanya mempertimbangkan aspek sosok saja, melainkan kriteria yang dibutuhkan.

"Jadi kepantasan itu tidak terletak pada nama seseorang dan latar belakang, tetapi adalah kriteria yang kita butuhkan," kata Mardiono.

Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh sosok cawapres Ganjar. Pertama, harus memberikan efek elektoral yang menambah besar peluang memenangkan Pilpres 2024.

Kedua, pasangan capres dan cawapres harus mampu memengkan Pilpres 2024 bersama-sama. Artinya, sosok itu memiliki hubungan haromonis dengan Ganjar.

"Kelak nanti capres dan cawapres, presiden dan wakil presiden nanti menang dipilih oleh rakyat, ini harus mampu menjawah tantangan bangsa yang begitu kompleks ke depan," kata Mardiono.

Dia membocorkan, finalisasi cawapres Ganjar tinggal selangkah lagi. Pengumumannya dipastikan sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran pasangan capres l-cawapres 2024 mulai 19-25 Oktober 2023.

"Yang pasti kami akan mendaftarkan capres-cawapres antara tanggal 19-25 (Oktober)," pungkasnya.

Rekomendasi