Sudah Kantongi Izin Cuti dari Jokowi, Mahfud MD Siap Daftar ke KPU RI Bareng Ganjar

| 19 Oct 2023 08:42
Sudah Kantongi Izin Cuti dari Jokowi, Mahfud MD Siap Daftar ke KPU RI Bareng Ganjar
Pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar dan Mahfud MD. (Dok. PDIP).

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku, sudah mengantongi izin cuti dari Presiden Joko Widodo untuk mendaftar sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Kamis (19/10).

Diketahui, Mahfud kini resmi dideklarasikan sebagai bacawapres mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Ya sudah dapat izin cuti," kata Mahfud di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Rabu (18/10).

Dia mengatakan, pejabat negara termasuk menteri yang menjadi peserta pilpres memang mendapatkan izin mengambil cuti dari tugas dan jabatannya di pemerintahan.

"Pejabat setingkat menteri itu cutinya pada saat ada kegiatan, misalnya pendaftaran, kemudian kampanye, kemudian tes kesehatan. Itu sudah saya sampaikan," kata Mahfud.

Terpisah, pihak Istana membenarkan bahwa Presiden Jokowi sudah menyetujui dua surat yang dilayangkan Mahfud.

Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana mengatakan, satu surat Mahfud yang disetujui Presiden Jokowi adalah pencalonan sebagai bacawapres oleh gabungan partai politik.

"Dan satu lagi, persetujuan dari Bapak Presiden untuk Izin Cuti  Menteri Koordinator Politik, Hukum dam Keamanan pada tanggal 19 Oktober 2023 utk melaksanakan pendaftaran sbg Cawapres pada pemilu Presiden dan Wapres 2024," kata Ari.

Surat persetujuan presiden itu diproses secara administratif oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, yang kemudian menyampaikan melalui surat kepada Mahfud MD dengan tembusan ke KPU RI dan Bawaslu RI.

Rekomendasi