Pasangan AMIN Datang Terlambat ke KPU, Anies: Maaf, Jalanan Macet

| 19 Oct 2023 11:16
Pasangan AMIN Datang Terlambat ke KPU, Anies: Maaf, Jalanan Macet
Anies Baswedan-Cak Imin saat tiba di Kantor KPU (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Bakal calon presiden (bacapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan meminta maaf kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI lantaran datang terlambat.

Diketahui, mantan gubernur DKI Jakarta iyu berssama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendatangi KPU RI untuk mendaftar sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Mohon maaf, kami datang terlambat," kata Anies saat menyerahkan dokumen pendaftaran di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Dia mengaku, bersama rombongan sudah sangat berniat mendaftar pertama di pagi hari sekitar pukul 08:00 WIB. Namun, Anies dan Cak Imin baru tiba pada pukul 09:49 WIB.

Namun terkendala lantaran kondisi jalanan yang terlampau macet. Selain itu, banyaknya pendukung yang ikut mengantar juga menambah kemacetan.

"Kami memang berencana bisa tiba jam 8, tapi lalu lintas macet. Bukan hanya lalu lintas kendaraan, rupanya lalu lintas orang juga macet," ucapnya.

Anies berharap dirinya dan Cak Imin akan terus memenuhi ketentuan dalam menjalankan tahapan Pemilu 2024. Ia juga berharap kontestasi politik ini berjalan dengan tertib dan adil, sehingga mendapatkan hasil yang kredibel.

Lebih lanjut, Anies juga menyampaikan apresiasi kepada semua petugas yang terlibat dalam menjalankan proses kepemiluan, baik dari segi pemenuhan logistik maupun pengamanan.

"Mungkin mereka tak berada di dalam ruang-ruang ber-AC, tetapi mereka bekerja memastikan bahwa proses pemilu pilpres berjalan dengan baik sebelum ini semua dimulai. Izinkan kami menyampaikan rasa hormat, rasa respect, dan terima kasih kepada semua petugas-petugas itu," jelas Anies.

Sebelum menyambangi KPU RI, Anies dan Muhaimin meminta restu kepada orang tua dan keluarga masing-masing. Setelah itu, mereka langsung menuju Kantor DPP PKS.

Dari situ, Anies-Muhaimin berturut-turut mendatangi kantor DPP PKB dan NasDem Tower.

Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengklaim, pasangan AMIN akan dikawal oleh 20 ribu orang yang berasal dari kader partai dan relawan.

"Sudah semua terkonfirmasi, saya yakin dan percaya besok paling tidak 20rb sesuai izin. Kalau dia berlebih itu Rahmat Allah SWT," kata Aboe saat konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

Rekomendasi