Aneh, Adian Ngaku Jokowi Minta Tiga Periode ke PDIP, Puan Malah Membantah

| 26 Oct 2023 10:15
Aneh, Adian Ngaku Jokowi Minta Tiga Periode ke PDIP, Puan Malah Membantah
Ketua DPP PDIP, Puan Maharani saat diwawancara awak media. (Sachril/ERA.id).

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani memastikan Presiden Jokowi tak pernah meminta perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

"Enggak, enggak pernah. Setahu saya enggak pernah beliau meminta untuk perpanjangan tiga periode," kata Puan, Rabu kemarin.

Sesuai dengan konstitusi, kata Puan, presiden memegang jabatan selama 5 tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan.

"Jika kemudian ada perpanjangan masa jabatan itu, mekanismenya dari mana? Kemudian seperti apa?" kata Puan.

Ketua DPP PDI Perjuangan ini melanjutkan, "Waktu itu 'kan tidak ada mekanisme yang memungkinkan untuk melakukan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode."

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDI Perjuangan, Adian Napitupulu mengungkap kalau hubungan Jokowi dan PDIP memang memanas.

Persoalannya lantaran PDIP tidak mengabulkan permintaan Jokowi untuk memperpanjang masa jabatannya sebagai presiden menjadi tiga periode dan menambah masa jabatan.

"Nah ketika kemudian ada permintaan tiga periode, kita tolak. Ini masalah konstitusi, ini masalah bangsa, ini masalah rakyat, yang harus kita tidak bisa setujui,” kata Adian dalam keterangan resminya, Rabu (25/10/2023) kemarin.

Rekomendasi