DPR Sebut Maruli Hingga Nyoman Cantiasa Berpeluang Jadi KSAD Gantikan Agus Subiyanto

| 02 Nov 2023 13:33
DPR Sebut Maruli Hingga Nyoman Cantiasa Berpeluang Jadi KSAD Gantikan Agus Subiyanto
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid (Antara)

ERA.id - Posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dipastikan mengalami kekosongan apabila Jenderal TNI Agus Subiyanto remi menjabat sebagai panglima TNI menggantikan Laksama Yudo Margono.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, sejumlah nama dianggap cocok mengisi posisi KSAD. Diantaranya yaitu Koordinator Staf Ahli KSAD Letjen I Nyoman Cantiasa, Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Kepala BNPB Letjen Suharyanto, dan Danjen Kopassus Mayjen Deddy Suryadi.

"(Posisi) KSAD juga bisa Pak Nyoman Cantiasa, Danjen Kopassus (Deddy Suryadi). Ada beberapa nama, Pak Maruli salah satu yang kuat, ada pak Pak Suharyanto Kepala BNPB, bahkan mungkin lebih, nggak tertutup kemungkinan ada lagi yang lain," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Dia mengatakan, penunjukan KSAD baru dilalukan oleh presiden setelah melantik panglima TNI yang baru.

Adapun hingga saat ini, Agus Subiyanto masih menjabat sebagai KSAD, meskipun namanya direkomendasikan Presiden Joko Widodo sebagai calon panglima TNI tunggal meggantikan Yudo Margono.

"Ya nanti kalau sudah kosong. Sekarang kan KSAD masih Pak Agus. Setelah Pak Agus dilantik, pasti langsung diisi," ucapnya.

Sementara itu, belum ada tanggal pasti kapan DPR RI akan digelar uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. Pekan depan DPR baru akan menggelar Badan Musyawarah atau Bamus. Pekan selanjutnya uji kelayakan dan kepatutan digelar.

"Rencananya minggu depan Bamus. Saya dengar rencananya minggu depan Bamus, tapi setelah itu mungkin komisi satu minggu depannya lagi fit and proper," jelas Meutya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pihaknya sudah menerima surat presiden (surpres) terkait calon panglima TNI yang akan menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Adapun Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Menurut Puan, calon panglima TNI yang dikirimkan oleh Presiden Joko Widodo hanya ada satu nama, yaitu Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

"Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, MSI, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," ucapnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10).

Rekomendasi