Kekayaan Agus Subiyanto Calon Panglima Pengganti Yudo Margono

| 09 Nov 2023 10:05
Kekayaan Agus Subiyanto Calon Panglima Pengganti Yudo Margono
Kekayaan agus subiyanto (Antara)

ERA.id - Kekayaan Agus Subiyanto menjadi sorotan setelah dirinya digadang-gadang menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia (Panglima TNI) yang baru.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani menyatakan telah menerima Surat Presiden (Surpres) Joko Widodo atau Jokowi mengenai sosok pengganti Panglima TNI Yudo Margono.

Dalam usulan yang dikirim oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg) pada Senin, 30 Oktober 2023 itu, menyatakan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai kandidatnya.

Menghitung Kekayaan Agus Subiyanto

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang terakhir diajukan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Maret 2023, Jenderal Agus Subiyanto memiliki harta senilai Rp19,3 miliar.

Harta tersebut terdiri dari 11 aset berupa tanah dan bangunan, yang jika dijumlahkan, nilainya mencapai Rp16 miliar.  Harta tersebut mencakup tanah dan bangunan dengan luas 90 meter persegi di Bandung Barat senilai Rp715 juta serta tanah seluas 898 meter persegi di Pangandaran senilai Rp2 miliar.

Agus juga memiliki tanah seluas 240 meter persegi di Karanganyar senilai Rp528 juta, tanah dengan luas 162 meter persegi di Bandung Barat seharga Rp1,65 miliar, serta tanah seluas 2.000 meter persegi di Bandung senilai Rp3,3 miliar.

Selain itu, Agus memiliki tanah seluas 710 meter persegi di Cimahi senilai Rp2,4 miliar, tanah 510 meter persegi di Cimahi senilai Rp1,7 miliar, tanah dengan luas 149 meter persegi di Jakarta Timur senilai Rp665 juta, dan tanah 1.184 meter persegi di Bogor senilai Rp2,1 miliar.

Selain properti, Agus juga memiliki kendaraan berupa mobil Nissan Mini Bus tahun 2011 senilai Rp70 juta. Selain itu, harta bergerak lainnya yang dilaporkan sebesar Rp1,5 miliar. Ia juga memiliki kas dan setara kas senilai Rp1,6 miliar.

Agus memiliki tanah seluas 710 meter persegi di Cimahi (Antara)

Calon Pengganti Kursi Kasad

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, telah mengungkapkan tiga nama yang menurutnya potensial untuk mengisi jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) jika Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono.

Ketiga nama tersebut adalah Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad); Letjen TNI Suharyanto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB); dan Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad.

Meutya menyebut bahwa selain ketiga nama tersebut, masih ada kemungkinan nama-nama lain untuk mengisi posisi Kasad.

Keputusan penunjukan Kasad akan diambil oleh Presiden Joko Widodo setelah Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi dilantik sebagai Panglima TNI, ketika kursi Kasad kosong.

Meutya menjelaskan, "Ya, nanti kalau sudah kosong, sekarang kan Kasadnya masih dijabat oleh Pak Agus. Setelah Pak Agus dilantik sebagai Panglima TNI, (posisi) Kasad pasti akan segera diisi. Namun, pengisian jabatan Kasad tidak akan melalui proses mekanisme di DPR."

Pada tanggal 31 Oktober, Ketua DPR RI, Puan Maharani, telah mengumumkan penerimaan surat presiden (surpres) yang mencantumkan penunjukan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono, yang akan pensiun pada tanggal 26 November 2023.

Jenderal Agus Subiyanto sendiri baru-baru ini dilantik sebagai Kasad pada tanggal 25 Oktober, menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memasuki masa purnabakti pada tanggal 19 November 2023.

Selain Kekayaan Agus Subiyanto, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi