Kunjungi Pertamina EP Jatibarang, Stafsus Presiden RI Diaz Berharap Pengurangan Emisi melalui CCUS dapat Segera Diterapkan

| 02 Nov 2023 17:44
Kunjungi Pertamina EP Jatibarang, Stafsus Presiden RI Diaz Berharap Pengurangan Emisi melalui CCUS dapat Segera Diterapkan
Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono (Dok Istimewa)

ERA.id - Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP) Zona 7 kedatangan Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono yang tengah melakukan kunjungan kerja dalam rangka mendorong pencapaian target Presiden Joko Widodo terkait pengurangan emisi. Sebelumnya, uji coba injeksi telah dilakukan di Lapangan Jatibarang dalam kerangka pengembangan Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) dengan potensi penyimpanan mencapai 14,6 ribu ton CO2 per tahun.

Dalam kunjungan di Lapangan Jatibarang tersebut (02/11/2023), Diaz menyampaikan harapan pada PEP untuk memaksimalkan potensi penyimpanan karbon melalui CCUS di seluruh wilayah produksi di Indonesia. Dengan begitu, emisi pada sektor energi nantinya dapat dibatasi dengan tetap menjamin ketersediaan energi nasional.

“Indonesia memiliki potensi penyimpanan karbon yang besar sehingga perlu diikaji secara komprehensif terkait potensi pengembangan CCUS sebagai opsi menghemat timbulan emisi,” ujar Diaz.

Ke depannya, Diaz juga mendorong PEP bukan hanya dapat meningkatkan produktivitas operasional melalu injeksi CO2, melainkan juga menyimpannya dalam reservoir yang sudah tidak aktif.

“Bukan hanya peningkatan produksi, pengembangan teknologi ini harus diarahkan untuk menyimpan karbon dalam reservoir sehingga turut berkontribusi terhadap komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi,” tegas Diaz.

Implementasi teknologi CCUS merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam mendukung pencapaian target net-zero emissions pada 2060. Penerapan teknologi ini pun ditujukan sekaligus untuk meningkatkan produksi dari Pertamina.

Rekomendasi