Ganjar Komitmen Sediakan Pupuk yang Berkualitas dan Mudah Didapatkan Petani

| 02 Nov 2023 19:17
Ganjar Komitmen Sediakan Pupuk yang Berkualitas dan Mudah Didapatkan Petani
Ganjar Pranowo (Dok Antara)

ERA.id - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo berkomitmen akan menghadirkan pupuk yang murah, mudah dan berkualitas bagi para petani di Indonesia.

Menurut Ganjar, situasi saat ini yang cenderung tidak terkoordinasi, terutama terkait subsidi pupuk yang telah dikurangi oleh pemerintah.

"Kalau kita bicara subsidi pupuk saja, sekarang kan di kurangi sama pemerintah, maka ribut dibawah, karena tidak ada transformasi, umpama ke pupuk organik atau setengah organik," kata Ganjar di Kantor DPD PDIP di Denpasar, Bali, Kamis (2/11/2023).

Ganjar menyatakan bahwa pengurangan ini seharusnya diikuti dengan langkah-langkah pendampingan agar para petani dapat beradaptasi, terutama dalam hal produksi pupuk organik atau setengah organik.

"Begitu dikurangi mestinya segera dimasukan pendamping, untuk bisa membackup mereka, ini yang penting untuk mengelola pertanian kita," tegas Ganjar.

Selain itu, Ganjar merasa penting untuk mengembalikan fungsi awal Badan Urusan Logistik (Bulog) agar sembilan bahan pokok dapat dikelola dengan baik oleh negara.

"Hal ini sangat penting, sehingga petani dapat memproduksi dengan harga yang terjamin," tegasnya.

Rekomendasi