Sebut Jatim Jadi Rebutan di Pilpres 2024, Puan: Persaingan Akan Sengit

| 04 Nov 2023 21:05
Sebut Jatim Jadi Rebutan di Pilpres 2024, Puan: Persaingan Akan Sengit
Puan Maharani (Dok. Era.id/Gie)

ERA.id - Ketua Dewan Pengarah Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Puan Maharani menyebut, Provinsi Jawa Timur bakal jadi medan pertempuran yang sengit pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebab, tiga kandidat pasangan calon memperebutkan suara di Jawa Timur.

Hal itu disampaikan saat meresmikan kantor Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Sabtu (4/11).

"Ingat bahwa Jawa Timur sedang jadi rebutan, jadi persaingan akan sengit," kata Puan dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (4/11/2023).

Meski menjadi rebutan mendulang suara lantaran Jawa Timur memiliki jumlah penduduk terbanyak, Puan meyakini bahwa pendukung pasangan bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres), Ganjar Pranowo-Mahfud MD tak gentar bersaing dengan kandidat lainnya.

"Tetapi saya yakin pendukung Ganjar-Mahfud di Jawa Timur ini tidak takut dengan persaingan. Betul tidak? Takut atau berani? Takut atau berani?" kata Puan.

Puan pun mengajak seluruh pendukung Ganjar-Mahfud untuk bergotong royong. Sebab untuk mencapai tujuan tidak bisa jika berjalan sendiri, sehingga semua harus bersatu dengan rakyat karena mereka yang akan menentukan masa depan bangsa dan negara.

"Maka penting agar kita jadikan kantor TPD Ganjar-Mahfud Provinsi Jawa Timur sebagai tempat bertemunya rakyat, tempat rakyat bisa berkeluh kesah, tempat rakyat bisa bersukaria," ujar Puan.

“Di sini tempatnya bagaimana kaum nasionalis bisa merapatkan barisan, bahu membahu, saling bantu untuk memenangkan apa yang menjadi cita-cita Bung Karno, founding father, proklamator kita untuk membuat Indonesia lebih maju, unggul, dan sejahtera,” imbuh Ketua DPR RI itu.

Lebih lanjut, Ketua DPP PDI Perjuangan itu menambahkan, bahwa Pemilu 2024 bukan hanya tentang memenangkan Ganjar-Mahfud. Melainkan perihal bagaimana menyongsong negara yang lebih baik ke depannya demi nasib 270 juta lebih rakyat Indonesia.

Dia menekankan, pasangan Ganjar-Mahfud akan membawa Indonesia menjadi negara maju dan berkeadilan.

"Hari ini kita bukan bicara soal Ganjar-Mahfud tapi soal masa depan Indonesia yang lebih baik,” ucap Puan.

"Kita memilih Ganjar-Mahfud karena ingin Indonesia unggul, bukan maju sekadar maju, tetapi unggul lebih dari bangsa lain. Kita memilih Ganjar-Mahfud karena ingin rakyat Indonesia sejahtera. Kita memilih Ganjar-Mahfud karena ingin Indonesia dipenuhi dengan rasa keadilan," lanjutnya.

Sementara itu Ketua TPD Jatim, Budi Sulistyono mengaku siap menggencarkan perjuangan para relawan dan memerahkan Jawa Timur. Menurutnya, total ada sekitar 130 organ relawan se-Jatim yang siap memenangkan Ganjar-Mahfud satu putaran.

"Kita bersama para relawan siap memerahkan Jatim. Setelah kegiatan ini akan dibentuk badan pemenangan di masing-masing wilayah,” ungkap Budi.

Diketahui, Jawa Timur disebut-sebut menjadi salah satu rebutan dari tiga kandidat pasangan bacapres-bacawapres untuk mendulanh suara di Pilpres 2024.

Selain karena jumlah penduduknya, kalangan Nahdlatul Ulama (NU) yang berbasis di Jawa Timur dianggap memegang kunci pemenangan.

Adapaun Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, PKS memasangan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskadar alias Cak Imin yang mengklaim PKB adalah partainya NU.

Sementara Ganjar-Mahfud sudah mengantongi dukungan dari Yenny Wahid yang diklaim membawa gerbong loyalis Gus Dur.

Adapaun pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapat dukungan dari Partai Demokrat. Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji siap turun gunung ke daerah asalnya yaitu Pacitan.

Rekomendasi