Soal Deklarasi Gibran Masuk Golkar, Airlangga: Tunggu Saja

| 07 Nov 2023 09:16
Soal Deklarasi Gibran Masuk Golkar, Airlangga: Tunggu Saja
Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. (Gabriella Thesa/ERA.id)

ERA.id - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto tak banyak bicara perihal status keanggotaan partai dari Gibran Rakabuming Raka.

Dia hanya meminta publik bersabar dan menunggu kapan Partai Golkar mendeklarasikan Gibran sebagai kader partai berlambang pohon beringin.

"Tunggu saja. Sabar, sabar, sabar saja," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (6/11/2023) malam.

Sebelumnya, santer kabar bahwa Partai Golkar bakal 'menguningkan' Gibran bertepatan dengan perayaan HUT ke-59 Partai Golkar.

Namun, berdasarkan pantauan di lokasi, Gibran tak tampak hadir. Hanya ada Presiden Jokowi yang merupakan ayah kandung Gibran, dan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga bakal calon presiden (bacapres) dari KIM, Prabowo Subianto saja yang hadir.

Terkait hal tersebut, Airlangga berdalih bahwa acara hanya untuk merayakan hari jadi Partai Golkar saja. Sedangkan pasangan calon yang diusung partainya cukup diwakili dengan kehadiran Prabowo.

"Tadi seluruh rundownnya kita fokus HUT Golkar. Kan sudah ada capres dan pak presiden. Kan tidak semuanya harus lengkap," kata Airlangga.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan Gibran Rakabuming Raka sudah bukan lagi menjadi bagian keluarga besar PDI Perjuangan karena sudah menjadi bagian dari Partai Golkar setelah dicalonkan menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi calon presiden Prabowo Subianto.

Ia mengatakan berdasarkan konstitusi calon presiden dan calon wakil presiden diusung oleh partai politik (parpol) atau gabungan parpol. Sedangkan, PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo sudah mengusung Ganjar-Mahfud Md, sehingga berdasarkan Undang-undang parpol, seseorang tidak bisa diusung parpol yang berbeda karena ini bisa menyebabkan gugurnya seseorang ketika memiliki Kartu Anggota (KTA) ganda.

Kami sudah menerima telepon dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa Mas Gibran ini di 'kuning-kan', di Golkar-kan maka otomatis Gibran karena mencalonkan bersama Prabowo sudah tidak menjadi bagian dari keluarga PDIP lagi," ujarnya saat ditanya terkait status Gibran Rakabuming Raka di PDI Perjuangan usai membuka Rapat Koordinasi Daerah DPD PDIP NTB di Mataram dikutip dari Antara, Minggu (5/11).

Rekomendasi