Ganjar Singgung soal Anak Muda "Instan" Masuk Politik, Sindir Gibran?

| 07 Nov 2023 20:45
Ganjar Singgung soal Anak Muda
Bakal capres Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan di Denpasar, Bali, Kamis (2/11/2023). (ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari)

ERA.id - Calon Presiden Ganjar Pranowo menceritakan aktivitas politiknya dilakukan karena alasan hobi. Apalagi saat ia menjadi mahasiswa, suasa anak mudanya masih "membahana".

"Pada saat itu kami berpikir setiap kali kami demo selalu saja responsnya belum seperti yang kita inginkan, maka betul pilihan saya adalah masuk politik, masih PDI belum perjuangan pada saat itu," kata Ganjar di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Ia menambahkan saat ini banyak anak muda yang tidak tertarik dengan partai politik (parpol). Sebab wajah parpol dianggap "banyak catatan" atau negatif.

"Tapi itu buat saya tantangan dan sebuah pilihan. Sehingga pada saat saya menyampaikan pada anak-anak muda apakah kamu tertarik pada partai politik untuk bergabung? Ternyata sebagian tidak," kata Ganjar.

Ia pun menanyakan kepada para anak muda apakah tertarik menjadi bupati/wali kota, gubernur hingga presiden. Jawabannya, mereka tertarik.

"Jadi situasi yang mendorong mereka menjadi anak-anak instan hari ini memang ya terimalah dengan lapang dada. Tugas kita yang lebih senior untuk memberikan edukasi kepada mereka bahwa proses itu penting. Termasuk bagaimana memahami proses dalam politik luar negeri kita, sehingga kita boleh punya kepentingan nasional tapi kita tidak bisa mengabaikan karena kita hidup jadi bagian dari dunia," kata Ganjar.

Rekomendasi