Tokoh Lampung KH Ahmad Hanafiah Dapat Gelar Pahlawan Nasional

| 08 Nov 2023 11:36
Tokoh Lampung KH Ahmad Hanafiah Dapat Gelar Pahlawan Nasional
KH Ahmad Hanafiah

ERA.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, seorang tokoh daerah itu, KH Ahmad Hanafiah, diberikan gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah pusat.

"Kami sudah mendapatkan informasi dari Kementerian Sosial bahwa usulan pemberian gelar Pahlawan Nasional asal Provinsi Lampung atas nama KH Ahmad Hanafiah diterima oleh Presiden," ujar Fahrizal Darminto, Rabu (8/11/2023).

Ia mengatakan dengan disetujuinya usulan pemberian gelar pahlawan nasional tersebut, KH Ahmad Hanafiah menjadi tokoh asal Lampung kedua yang bergelar Pahlawan Nasional selain Radin Inten II.

"Pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada KH Ahmad Hanafiah tersebut, berdasar pada Surat Militer Presiden Nomor: R-09/KSN/SM/GT.02.00/11/2023 yang juga mencantumkan nama enam calon penerima gelar Pahlawan Nasional 2023 dari berbagai daerah," katanya.

Dia menjelaskan, penyerahan gelar Pahlawan Nasional kepada ahli waris KH Ahmad Hanafiah direncanakan dilakukan oleh Presiden Jokowi pada 10 November mendatang.

"Selama ini Lampung hanya memiliki satu Pahlawan Nasional, sehingga Gubernur Lampung mengajukan usulan untuk menambah daftar Pahlawan Nasional asal daerah ini," tambahnya.

Tanggapan serupa dikatakan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi. "Sejak 1987 atau sekitar 36 tahun lamanya di Provinsi Lampung ini hanya memiliki satu Pahlawan Nasional. Dan tahun ini bisa menambah satu tokoh Lampung menjadi penerima gelar Pahlawan Nasional," ucap Aswarodi.

Rekomendasi