Sebut Arti Nomor Urut Tiga Persatuan Indonesia, Ganjar Singgung soal "Drakor" dan KKN

| 14 Nov 2023 22:04
Sebut Arti Nomor Urut Tiga Persatuan Indonesia, Ganjar Singgung soal
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Calon Presiden Ganjar Pranowo menyebut nomor urut 3 pas karena sesuai dengan sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia. Ia ingin bisa menyatukan semua dalam proses politik yang menggembirakan.

"Itulah kegembiraan yang seharusnya kita dapatkan. Tapi beberapa hari ini kita disuguhkan untuk menonton drakor yang sangat menarik," kata Ganjar di kantor KPU, Selasa (14/11/2023).

Ia menambahkan drama-drama tersebut seharusnya tak perlu terjadi. Karena itu, saat ini proses demokrasi seharusnya dimulai. Tapi dengan situasi belakangan ini, ia mendengarkan banyak pihak.

"Semuanya sedang menyuarakan kegelisahan itu. Kewajiban kita bapak ibu untuk menjaga. Karena kalau kita merasakan itu, rasanya demokrasi harus kita pastikan bahwa demokrasi bisa baik meskipun sekarang belum baik-baik saja," kata Ganjar.

Ia yakin ada rakyat Indonesia bersamanya untuk menjaga demokrasi. Sebab kadang demokrasi lurus dan kadang berliku seperti aliran air. Tapi air yang mengalir akan mengikuti arah batinnya.

"Dia tidak akan bisa dibendung dengan cara apapun. Dan kalau bendungan itu dia paksakan, dia akan tetap mencari jalannya. Muara itulah muara demokrasi yang hari ini kita idam-idamkan, dan tentu saja inilah kesepakatan hari ini yang mesti kita jaga bersama," katanya.

Ganjar juga ingin memastikan arah reformasi mesti dituntaskan. Diantaranya demokrasi jujur adil hingga integritas yang jauh dari unsur KKN.

"Diam itu bukanlah pilihan, dan bicara, ungkapkan, laporkan praktik-praktik tidak baik yang akan mencederai demokrasi. Terima kasih karena pasangan nomor 1 dan 2 punya komitmen yang sama," katanya.

Rekomendasi